blank
Rapat membahas stimulus ekonomi, di Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang, Rabu (18/11/2020). Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Magelang, Basirul Hakim menyebutkan  pihaknya telah menyalurkan bantuan stimulus ekonomi kepada 40.547 proposal yang diajukan.

“Bantuan stimulus ekonomi yang sudah kami berikan untuk 40.547  proposal,” kata Basirul di sela-sela rapat membahas stimulus ekonomi, di Ruang Command Center Setda Kabupaten Magelang, Rabu (18/11/2020).

Dengan keterbatasan jumlah personel Disdagkop UKM dalam pelayanan bantuan stimulus ekonomi (proses verifikasi dan validasi data) maka, dia meminta bantuan pemerintah desa dan kecamatan. Sebab banyak proposal dari desa dan kecamatan yang campur aduk, bahkan salah alamat.

“Banyak proposal dari desa atau kecamatan yang campur aduk. Jadi harus kita pilah dulu per kecamatan, kemudian kita pilah lagi per desa untuk mempermudah proses verifikasi dan validasi kemudian input data dan rekapitulasi. Ini kita akan alokasikan waktu dari tanggal 18-27 November 2020,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Basirul menjelaskan, nantinya tim dari Disdagkop UKM Kabupaten Magelang akan membawahi tim dari desa dan kecamatan. Sedikitnya akan dikirim dua personil dari Disdagkop yang mengampu di tingkat kecamatan.

Adapun tugas tim verifikator lapangan diantaranya, melakukan verifikasi dan validasi terhadap keabsahan ajuan proposal bantuan stimulus ekonomi pelaku usaha, menentukan jumlah bantuan yang akan diterima oleh calon penerima yang disesuaikan dengan pengayaan usaha, dan bertanggung jawab penuh atas hasil verifikasi dan validasi di lapangan.

“Tentunya semuanya harus dilakukan dengan sangat baik dan seksama agar benar-benar tepat sasaran,” pungkas, Basirul.

Eko Priyono