blank
Pelepasan produk ekspor ke Taiwan

JEPARA(SUARABARU.ID)- Peserta UMKM gayeng 2020 sekaligus pemilik Vista Homedeco, Tafrikhan, menyebut tak selamanya pandemi Covid-19 ini berakibat negatif. Namun, ada berkah bagi orang-orang yang mampu menangkap peluang. “Dengan adanya pamdemi Covid-19 ini manfaatnya adalah menyalakan ulang sistem, dan hikmahnya luar biasa,” kata dia.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Tafrikhan mengaku tetap berproduksi bahkan hingga bisa diekspor. Adapun mebel yang diekspornya kali ini berjumlah 200 unit. Furnitur dengan tujuan kirim ke Taiwan itu terdiri kursi retro 150 unit, kursi bar 40 unit, dan kabinet 10 unit.

blank

Hal tersebut diungkapkan oleh Tafrikhan saat berlangsung Pelepasan pengiriman barang ke Taiwan yang dilakukan di perusahaan mebel Vista Homedeco, Kecamatan Tahunan Senin lalu.

Pelepasan ekspor ditandai dengan pemasangan segel oleh pemilik Vista Homedeco Tafrikhan. Kemudian pemecahan kendi oleh Kepala Diskopukmnakertrans Jepara Eriza Rudi Yulianto, bersama Deputi Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah Iss Savitri Hafid.

blank

Kepala Diskopukmnakertrans Jepara Eriza Rudi Yulianto menilai Vista Homedeco merupakan salah satu UMKM binaan BI yang paling berhasil di Kabupaten Jepara. Pihaknya berharap capaian ini menjadi sumber inspirasi bagi pengusaha lain.

“Ini akan memotivasi banyak pelaku UMKM di Jepara untuk bagaimana di tengah pandemi tidak tinggal diam, justru lebih kreatif,” ujar Kepala Diskopukmnakertrans Jepara.

blank

Dirinya yang mewakili Bupati Jepara mengapresiasi langkah Vista Homedeco yang telah menggandeng UMKM sekitar. Dia juga meminta dukungan dari Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), agar UMKM yang lain bisa bangkit seperti ini.

Kepada Bank Indonesia ia menjelaskan, bahwa potensi UMKM di Jepara jumlahnya lebih dari 100 ribu. Dari total itu baru sedikit yang memiliki jalur dengan BI, bahkan dikatakannya masih bisa dihitung dengan jari.

Untuk itu, Pemkab Jepara meminta BI agar turut mendukung perkembangan UMKM di Kota Ukir. “Kami berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama, mereka juga bisa naik kelas,” pinta Eriza.

Pada kegiatan itu turut dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara Sa’dullah Assa’idi, Ketua DPD HIMKI Jepara Raya Maskur Zaenuri, Petinggi Tahunan Muhadi, dan para tamu undangan.

Hadepe-ua