blank
Personil TNI Kodim 0707/Wonosobo melakukan push up dalam TKJ di Stadion Kalianget. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Guna menjaga dan meningkatkan kemampuan fisik, prajurit Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (TKJ) periodik II tahun 2020 di Stadion Kalianget Wonosobo.

Dalam pelaksanaannya, TKJ periodik ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan TKJ kali ini berbeda dengan kegiatan serupa sebelumnya, karena masih dalam suasana pandemi atau wabah virus Corona.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat, Rabu (18/17), mengatakan TKJ wajib dijalani bagi setiap prajurit TNI. Karena hal itu merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap personil TNI-AD.

Kegiatan rutin itu digelar, sambungnya, dengan tujuan untuk mengetahui sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit. Semua prajurit TNI-AD dituntut sehat secara jasmani dan rohani.

“TKJ periodik ini bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI-AD dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Di era pandemi global Covid-19 ini, pelaksanaan TKJ juga tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” katanya.

Periksa Kesehatan

blank
TKJ bertujuan untuk mengukur kesehatan dan kebugaran tubuh bagi personil TNI-AD. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurutnya, pelaksanaan TKJ dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, diantaranya anggota TNI mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan. Jaga jarak saat menunggu giliran dan wajib mengenakan masker.

Tim Supervisi Kajasrem 072/Pamungkas Kapten Inf Suwito menjelaskan sebelum melaksanakan tes, setiap personel harus diperiksa kesehatannya oleh Tim Kesehatan. Semua anggota yang mengikuti TKJ dipastikan dalam keadaan sehat.

“Hal itu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan TKJ. Dalam setiap kegiatan juga selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan setiap personel TNI,” imbuhnya.

Dikatakan Kapten Inf Suwito, TKJ terdiri dari Full Up, Sit Up, Push Up, Lunges, lari, dan Shutle Run serta ditambah dengan tes ketangkasan renang dasar militer menggunakan gaya dada.

Pihaknya berharap, para peserta dapat melaksanakan tes kesamaptaan ini dengan maksimal dan mampu mencapai nilai yang diharapkan dan sesuai standar Prajurit Komando Kewilayahan.

Muharno Zarka-Wahyu