blank
Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika bersilaturahmi dengan Komunitas D-JOC setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Calon Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menyatakan banyak persoalan di Wonosobo yang mesti segera diselesaikan oleh pemerintahan di masa yang akan mendatang.

“Persoalan tersebut sangat komplek. Infrastruktur jalan masih buruk. Tingkat kemiskinan tinggi. Kualitas pendidikan juga rendah. Pembangunan Pasar Induk dan Pasar Sapuran, belum selesai,” ungkapnya, Rabu (18/11).

Persoalan tersebut, menurutnya, tidak cukup diatasi pemerintah saja. Tapi butuh keterlibatan semua steakholder yang ada. Sehingga Wonosobo ke depan semakin maju dan berkembang. Warga juga tambah sejahtera.

“Butuh ada kebersamaan. Gotong royong. Sesarengan Mbagun Wonosobo. Ibarat pepatah berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Pemerintah, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat harus bersinergi,” imbuhnya.

Gali Masalah

blank
Calon Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

Selama terjun ke desa-desa bersama Calon Wakil Bupati Muhammad Albar, Afif mengaku banyak menggali persoalan yang ada di masyarakat. Banyak sekali masalah yang harus diselesaikan dengan cepat.

“Masalah yang muncul, sebagian besar terkait dengan infrastruktur jalan yang rusak, kelesuan ekonomi, minimnya fasilitas kesehatan dan kualitas pendidikan yang masih rendah,” sebut Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo itu.

Di luar masalah tersebut, kemiskinan dan lingkungan yang buruk, juga menjadi persoalan yang cukup mengemuka di masyarakat. Kebutuhan dasar (basic need) itu, ke depan akan menjadi prioritas untuk segera diatasi.

“Wonosobo itu juga kaya sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM). Tapi kenapa daerah ini sekarang masih miskin. Ini yang perlu dicari akar persoalan kemudian diambil solusi terbaik,” tandas mantan Ketua DPRD Wonosobo itu.

Muharno Zarka-Wahyu