Bagian Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Unissula mengisi acara Sing Apik TVRI Jawa Tengah dengan mengangkat topik tumbuh kembang optimal anak di masa pandemi. Salah satu tujuannya untuk medukung program Kemenkes yaitu menjamin kelangsungan pertumbuhan dan perkembangan anak pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Ketua pengabdian masyarakat Dr dr Sri Priyantini SpA, menyatakan masa pandemi menghambat beberapa aktifitas yang mendukung pantauan tumbuh kembang anak seperti posyandu, Poliklinik KIA Puskesmas/Rumah Sakit. Media Telivisi menjadi sarana penting memberikan informasi penting dalam pantauan tumbuh kembang anak secara mandiri di rumah.

Acara “Sing Apik: Hidup Sehat” TVRI jawa Tengah pukul 14.00 mengusung empat tema kesehatan bayi/balita yang disampaikan oleh empat narasumber dari kalangan profesional ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran Unissula – RSI Sultan Agung.

Sing Apik ditayangkan setiap hari Ahad pada tanggal 11,18,25 Oktober dan 1 November 2020. Beberapa tema disampaikan antara lain pendampingan anak di era pandemi oleh dr Citra SpA, pentingnya penyiapan dan manajemen yang baik dalam memberikan ASI serta makanan pendamping ASI (dr Azizah SpA), deteksi dini dan cara mengatasi gangguan kesehatan bayi baru lahir (neonatal) oleh dr Pujiati SpA.

“Kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan dan motivasi orang tua untuk memantau secara mandiri putra putrinya seawal mungkin dan mencegah keterlambatan merujuk apabila ada gangguan tumbuh-kembang si kecil” demikian ungkap Sri Priyantini.

 

-->