blank
Ilustrasi.

LUMAJANG (SUARABARU.ID) — Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Provinsi Jawa Timur, Abdurrahman Ubaidah meninggal dunia karena sakit dalam usia 54 tahun di Lumajang, Jumat (13/11). Jenazah dimakamkan hari itu juga di di kampung halamannya, di Kebonsari, Sumbersuko, Kabupaten Lumajang.

DI Lumajang, Pak dur, demikian almarhum biasa disapa, tinggal bersama anak-anak dan istrinya

Begitu menerima kabar duka atas meninggalnya Ubaidah, jajaran pengurus PWI Pusat mulai dari Ketua Dewan Kehormatan Ilham Bintang, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi sampai Ketua PWI Peduli M Nasir, menyampaikan duka cita mendalam melalui Grup WA PWI Pusat.

Disusul ucapan duka cita dari pengurus lainnya antara lain Ahmad Munir, Nurjaman Mochtar, Ramon Damora, Fachri Mohamad, Cahyonoadi, dan Hendro Basuki.

“Pak Ubaidah terakhir masih menekuni pekerjaan kewartawanan, dan ia terakhir mengurus verifikasi media online milik Harian Bangsa yang ia pimpin,” kata teman dekat almarhum, Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Warta Transparansi.com.

Pak Durdikenal sebagai wartawan politik yang ulet. Djoko Tetuko menuturkan, Ubaidah sebagai wartawan politik aktif di Kelompok Kerja Wartawan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, ketika masih bekerja di Karya Darma yang berakhir tahun 1998. Karya Darma pecah menjadi beberapa penerbitan, dan dia memilih berkarya di Pewarta Siang sebagai redaktur pelaksana.

Ketika terjadi gonjang- ganjing pemerintahan dari Orde Baru ke Reformasi, partai-partai bermunculan, dan Karya Darma diakuisisi Jawa Pos Grup, terbitlah Harian Bangsa. “Pak Dur kemudian bergabung ke media ini,” kata Djoko Tetuko.

Ketika ada perubahan pimpinan di Harian Bangsa, Pak Dur sempat dipercaya sebagai pemimpin redaksi hingga menjelang akhir hayatnya.

Mengawali menjadi wartawan di Harian Pagi Karya Darma, pada tahun 1991, lulusan Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya ini meliput berita perkotaan. Dia bersama teman-teman wartawan media lainnya, dengan pos di Pemkot Surabaya.

Selamat jalan Pak Dur. Surga terbaik untukmu di sisi sang Khalik.

**-trs