Tim Covid Kabupaten Wonogiri, Rabu petang (11/11), bertugas memakamkan jenazah secara Prokes di TPU Desa Randusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam tempo 16 jam, Rabu (11/11), Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan tiga jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) di tiga lokasi terpisah. Yakni di Kecamatan Sidoharjo, Kecamatan Wonogiri Kota, dan di Kecamatan Slogohimo.

Tiga jenazah yang dimakaman secara terpisah di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri tersebut, merupakan pasien yang sebelumnya menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Sehingga dalam kurun waktu 60 hari terakhir ini, di Kabupaten Wonogiri, setidak-tidaknya telah dimakamkan sebanyak 38 jenazah. Prosesi pemakamannya dilakukan oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri, di tiga Tempat Pemakaman Umum (TPU) terpisah, secara Prokes pencegahan wabah virus corona.

Seperti diberitakan kemarin, yang paling awal dimakamkan adalah jenazah Nenek K (71). Warga Dusun Kopen, Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, ini dimakamkan Rabu dinihari (11/11) Pukul 02.15 sampai dengan Pukul 02.50, berlangsung di TPU Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Bersama relawan dari PMI dan relawan KRI, Tim Covid Wonogiri, Rabu dinihari (11/11), menguburkan jenazah secara Prokes di TPU Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Tambah Dua
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, semalam, menyatakan, setelah memakamkan jenazah Nenek K, Rabu dinihari (11/1), Tim Covid Wonogiri tambah menguburkan lagi dua jenazah masing-masing berlokasi di Kecamatan Wonogiri Kota dan di Kecamatan Slogohimo.

Bambang Haryanto, yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) percepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyebutkan, Rabu siang (11/11), dilakukan pemakaman jenazah seorang wanita berinisial Ny S (61) warga Dusun Banyak, Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri. Prosesi penguburannya berlangsung Pukul 11.30 sampai dengan Pukul 12.30 di TPU Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri Kota.

Selanjutnya, Rabu petang (11/11), dimakamkan lagi jenazah pria S (61) warga Dusun Bendo, Desa Randusari, Kecamatan Slogohimo (sekitar 45 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Prosesi penguburannya berlangsung Pukul 17.30 sampai dengan Pukul 18.45, berlokasi di TPU Desa Randusari, Kecamatan Slogohimo.

Rabu siang (11/11), Tim Covid Kabupaten Wonogiri, melaksanakan prosesi penguburan jeazah secara protokol kesehatan di TPU Desa Manjung, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri.

Dibantu Relawan
Ketiga jenazah yang dimakamkan di 3 kecamatan di Kabupaten Wonogiri pada hari Rabu (11/11) tersebut, pemulasaraan mayat (pangrukti layon)-nya, dilakukan pihak RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso, Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya, pemakamannya dilaksanakan oleh Tim Covid Kabupaten Wonogiri dibantu relawan.

Tim Covid Kabupaten Wonogiri yang melakukan tugas pemakaman di tiga kecamatan tersebut, terdiri atas aparat dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI dari Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, beserta relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

Pemakaman jenazah secara Prokes, Rabu petang (11/11), dilakukan Tim Covid Kabupaten Wonogiri bersama relawan Sibat, di TPU Desa Randusari, Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.

Saat melaksanakan tugas pemakaman di TPU Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Tim Covid Kabupaten Wonogiri dibantu oleh relawan dari KRI Sidoharjo. Kemudian ketika pemakaman di TPU Desa Randusari, Kecamatan Slogogimo, dibantu relawan Sibat dari Kecamatan Jatisrono.

Ikut hadir menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompincam bersama tenaga kesehatan (Nakes) dari Kecamatan Sidoharjo, Kecamatan Wonogiri Kota dan Kecamatan Slogohimo. Juga hadir aparat pemerintahan desa di masing-masing lokasi pemakaman, dan perwakilan dari masing-masing keluarga.

Bambang Pur