blank

MAGELANG (SUARABARU.ID– Sebanyak 20 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Magelang, alih status menjadi pasien terkonfirmasi positif Kamis (12/11/2020).

Total hari ini ada tambahan 29 pasien positif. Terbanyak dari Mertoyudan (6 orang), Grabag (4), Mungkid (3) dan masing-masing dua orang di Tempuran, Kaliangkrik, Secang serta Bandongan. Selain itu juga ada satu orang di Salaman, Sawangan, Ngablak, Tegalrejo, Dukun, Borobudur, Pakis dan Kajoran.

Meski demikian, saat ini juga ada 15 pasien positif yang dinyatakan sembuh. Berasal dari Muntilan (6 orang), Candimulyo (4), Mungkid (3) dan Bandongan dua orang. Selain itu juga ada 7 pasien positif yang meninggal. “Ini jumlah terbanyak pasien positif yang meninggal dalam satu hari.

Tujuh itu berasal dari Mungkid dan Mertoyudan, masing-masing dua orang. Kemudian, satu orang tersebar di Tegalrejo, Tempuran dan Kajoran. Total kini ada 1452 pasien positif. Terdiri dari 369 dalam penyembuhan, 1038 sembuh dan 45 meninggal,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara untuk PDP, lanjut Nanda, ada tambahan 6 baru. Dua dari Dukun dan lainnya tersebar di Borobudur, Salam, Grabag dan Bandongan. Namun demikian, ada juga satu PDP yang sembuh, berasal dari Mertoyudan dan 20 PDP alih status menjadi positif.

“Dengan tambahan itu semua, jumlah kumulatif PDPnya menjadi 738 orang. Rinciannya, 46 dirawat, 619 sembuh dan 73 meninggal,” lanjutnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Di antaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Eko priyono-trs