blank

SEMARANG – Ir Hanafi Saleh MM menjadi narasumber seminar strategic corporate planning and budgeting implementasi kaizen menuju Unissula unggul yang dilaksanakan (10/11) di biro Rektor Unissula.

Menurut Hanafi Kaizen adalah suatu metode praktis yang berfokus pada tindakan perbaikan menuju ke arah yang lebih baik dari sebelumnya dalam menjalankan proses operasional di bidang manufaktur, engineering, development maupun business. Metode tersebut juga dapat diguanakan diberbagai bidang termasuk universitas.

Kaizen dalam bahasa Jepang berarti perbaikan cepat secara terus menerus untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kaizen adalah bagaimana membuat agar pekerjaan lebih mudah dengan selalu menyadari bahwa metoda kerja yang paling baik adalah bekerja dengan cepat dan kondusif untuk menghasilkan kinerja dengan kualitas yang baik.

Hanafi menegaskan sebagus apapun konsep butuh komitmen total dari semua anggota organisasi. “Komitmen menjadi hal yang sangat fundamental yang harus ada dalam setiap individu”, ungkapnya. Lebih jauh ia mengingatkan bahwa ketegasan pemimpin menjadi hal yang juga penting. “Kalau ada yang tidak komitmen harus ada ketegasan pimpinan”, pungkasnya.

Lebih jauh General Manager Mitsubishi Motor tersebut menyarakan agar setiap pekerja melakukan pekerjaannya dengan enjoy. “Setiap kita hendaknya bekerja dengan enjoy, yang pertama kita harus senang dulu dengan pekerjaan yang kita kerjakan. Jangan sampai kita kerja tidak enjoy dan tidak senang dengan pekerjaan tersebut hingga kita sulit berkontribusi maksimal pada organisasi”, pungkas Hanafi yang juga alumni Magister Manajemen Unissula Tersebut.