blank
Tanggul Sungai Tempur di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, jebol dan mengakibatkan sawah siap panen terendam banjir.foto:Ant/Suarabaru.id

PATI (SUARABARU.ID) – Hujan deras yang terjadi di Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, mengakibatkan tanggul sungai di dua lokasi jebol setelah debit air sungai setempat meningkat sehingga menggenangi tanaman padi yang siap panen.

“Tanggul Sungai Tempur yang jebol terjadi pada Sabtu (31/10) ketika hujan turun mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB,” kata Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Lutfi Mudawam , Minggu (1/11).

Akibat curah hujan yang tinggi tersebut, kata dia, debit air Sungai Tempur di Tunjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Pati, melonjak dan tanggul sungainya tidak mampu menahan debit air sehingga jebol.

Masing-masing tanggul sungai yang jebol tersebut, kata dia, memiliki panjang berkisar 3 meter dan 6 meter.

Akibat peristiwa tersebut, lanjut dia, memang tidak ada korban jiwa, namun areal persawahan yang ditanami tanaman padi seluas 5 hektare siap panen di Desa Desa Cebolek dan Tunjungrejo terendam banjir serta areal tambak warga juga terdampak.

Upaya perbaikan tanggul sementara hari ini (1/11), katanya, sudah dilakukan bersama tim gabungan, namun terkendala dengan derasnya air sungai setempat.

Tim gabungan mulai dari Polres Pati, Kodim Pati, hingga jajaran Pemerintah Kabupaten Pati, pelajar dan warga setempat bergotong-royong melakukan perbaikan tanggul sementara hari ini (1/11), meskipun menghadapi kendala derasnya arus air sungai.

Perbaikan tanggul secara darurat dilakukan dengan penutupan tanggul yang jebol menggunakan sak berisi pasir dan juga menancapkan bambu di lokasi yang jebol.

Kapolres Pati AKBP Arie Prastya Syafa’at yang ikut meninjau lokasi tanggul jebol hari ini (1/11) juga memberikan bantuan abu cangkang kelapa sawit sebanyak 100 karung sak yang bisa digunakan untuk menutup tanggul sungai yang jebol sambil menunggu perbaikan secara permanen dari dinas terkait.

Ant-Tm