blank
Satu regu patroli dari Polsek Tunjungan, Polres Blora, berpatroli memantau keamanan di salah satu fasilitas umum objek wisata Waduk Greneng. ( Foto : SB/Wahono)

BLORA (SUARABARU.ID) – Momen libur panjang dalam suasana pandemi Covid-19, dan demi menjaga keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, anggota Polsek Tunjungan, Polres Blora, Jawa Tengah, aktif menggelar patroli di objek vital dan tempat wisata.

Patroli simpatik yang digeber sejak Rabu-Minggu (28/10-1/11/2020), selain untuk menjaga kodusifitas wilayah, juga untuk memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dipatuhi warga.

“Libur panjang menjadikan pengunjung objek wisata meningkat, kami pun aktif patroli keliling bersama anggota,” kata Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan melalui Kapolsek Tunjungan AKP Budiyono, Sabtu (31/10/2020).

Menurut Budiyono, wilayah Tunjungan adalah kawasan yang bisa disebut jendela dan pintunya Kota Blora, sehingga berbagai fasilitas umum (fasum) dan objek wisata saat ‘long week end’ ini terlihat ramai.

Objek wisata Waduk Greneng, kebun buah dan pusat kuliner, rajin disambangi anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Tunjungan itu, baik secara beregu maupun satu-dua personel.

Saat turun satu regu patroli yang dipimpin Kapolsek Tunjungan, mereka membaur dengan masyarakat dan aktif memberikan imbauan agar patuh protokol kesehatan, salah satunya pemakaian masker.

Menurut  AKP Budiyono,  dengan diberlakukannya sanksi Perbup Nomor 55 Tahun 2020, warga sudah banyak yang sadar dengan memakai masker.

Tapi jika menemukan warga yang tidak pakai masker, diberikan edukasi  soal sanksi sosial, dengan tujuan bahwa prokes adalah untuk kepentingan dan kesehatan bersama.

“Selain patroli ke tempat wisata,  anggota kami menyambangi kawasan perbankan, SPBU, mini market serta permukiman penduduk yang rawan kiminalitas,” tandas Kapolsek Tunjungan.

blank
Anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Tunjungan, rajin berpatroli dan sosialisasi penegakan prokes untuk pencegahan persebaran Covid-19. (Foto : SB/Wahono)

Kondusif

Nuryanti (34) salah satu pengunjung obyek wisata Waduk Greneng, mengaku senang dengan adanya patroli kepolisian tersebut, karena dengan kehadiran petugas kepolisian dirinya merasa lebih tenang.

“Saat Pak Polisi datang di objek wisata ini, terasa tenang dan nyaman dalam menikmati objek wisata warisan Koloni Belanda ini,” kata Nuryanti, warga Kelurahan Mlangsen, Kota Blora.

Kapolsek AKP Budiyono menambahkan, sesuai dengan instruksi Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, bahwa selain sebagai aparat keamanan, Polri juga mempunyai tanggung jawab dalam penegakkan prokes, maka setiap kegiatan kepolisian juga dilakukan sosialisasi cegah pesebaran virus corona.

“Jajaran kami tidak akan pernah lelah ajak warga disiplin prokes, disiplin menjaga keamanan, agar aktivitas masyarakat bisa terus berjalan namun aman dari Covid-19,” terang Kapolsek Tunjungan.

Selain di objek wisata dan tempat pemusatan massa, tim patroli juga melakukan pemantauan pengamanan di beberapa objek vital, seperti kantor perbankan (ATM), SPBU, pusat perbelanjaan dan aset vital lainnya yang gandeng dengan Kota Blora itu.

Menurut AKP Budiyono, sejauh ini wilayah Tunjungan aman dan lalu lintas lancar. Meski demikian pihaknya tetap siaga siang dan malam demi Kamtibmas yang kondusif.

Wahono-mm