blank

BANJARNEGARA, (SUARABARU.ID) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah kembali berpotensi hujan lebat selama dua hari ke depan sehingga masyarakat perlu terus meningkatkan kewaspadaan.

“Masyarakat yang tinggal di lokasi rawan longsor perlu meningkatkan kewaspadaannya, jangan panik namun tetap waspada,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu.

Dia juga menjelaskan bahwa potensi hujan lebat terdapat di hampir seluruh wilayah kecamatan di Banjarnegara dan juga di kabupaten lain di sekitarnya seperti Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, Cilacap, Kebumen dan lain sebagainya mulai tanggal 1 hingga 2 November 2020.

“Beberapa wilayah di Jawa Tengah lainnya juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi yang berbeda-beda,” katanya.

Dia menambahkan bahwa Kabupaten Banjarnegara dan kabupaten lain di sekitarnya sudah mulai memasuki musim hujan sejak awal bulan Oktober 2020.

Dengan demikian dia kembali mengingatkan masyarakat di wilayah ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian mengingat tingginya curah hujan dikhawatirkan dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor atau angin kencang.

“Meskipun masyarakat pada saat ini sedang menikmati momentum libur panjang namun perlu tetap hati-hati terutama mereka yang tinggal di lokasi rawan bencana,” katanya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk selalu mengecek kondisi cuaca secara berkala melalui media sosial dan kanal-kanal resmi milik BMKG lainnya.

“Kami mengajak warga untuk terus memantau informasi cuaca terkini. Hal tersebut penting karena ada kemungkinan hujan lebat selama beberapa hari ke depan,” katanya.

Dia mengatakan BMKG Banjarnegara akan terus bersinergi dengan pihak terkait dalam rangka menyebarluaskan informasi cuaca ke masyarakat.

“Mari bersama-sama berperan aktif dalam upaya pengurangan risiko bencana atau mitigasi bencana pada saat musim penghujan ini,” katanya.

Ant-Wahyu