Kasatlantas Polres Kebumen AKP Sugiyanto memimpin langsung Operasi Zebra Candi membantu air bersih ke warga korban banjir di Desa Sidobunber, Kecamatan Puring.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Operasi Zebra Candi 2020 Polres Kebumen tahun ini berbeda sekali dari biasanya . Polres Kebumen lebih mengedepankan pendekatan kepada masyarakat dengan membantu air bersih dan sembako ke warga korban banjir disertai imbauan tertib berlalu-lintas.

“Bagi yang melanggar tetap kita tegur. Tentunya teguran dengan cara humanis,”jelas Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Jumat (30/10)

Menurut Kapolres, meski hanya dilakukan teguran, kesadaran masyarakat tentang pentingnya disiplin saat berkendara harus tetap harus dilaksanakan. Sebab pangkal dari kecelakaan adalah pelanggaran lalul lintas. Kesadaran masing-masing sangat diperlukan demi keselamatan berkendara bersama-sama.

Air bersih dikucurkan ke bak warga korban banjir di wilayah Kecamatan Puring oleh petugas Satlantas Polres Kebumen.(Foto:SB/Ist)

AKBP Rudy Cahya Kurniawan menerangkan, dalam Operasi Zebra Candi tahun ini, Polres Kebumen memang lebih mengedepankan kegiatan pendekatan diri kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh jajaran Sat Lantas Polres Kebumen pada hari ini. Operasi Zebra Candi tahun 2020 justru membagikan air bersih kepada masyarakat terdampak banjir di Desa Sidobunder, Kecamatan Puring.

Satlantas Polres juga  membantua sembako berupa beras, mi instant dan  telur diberikan kepada waarga korvab  banjir dan longsor di Kebumen. Meski operasi lebih ke kegiatan sosial, polisi tetap menyampaikan tujuan  Operasi Zebra. Warga diingatkan untuk tertib berlalu lintas demi keamanan dan keselamatan di jalan.

Dua perwira Satlantas Polres Kebumen membawa beras untuk disumbangkan kepada warga korban banjir di Kebumen selatan.(Foto:SB/Ist)

 

“Melalui operasi ini pula kami ingatkan warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan 4m, yakni memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menerapkan hidup sehat  untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19 di Kebumen,”imbuh Kapolres.

Operasi Zebra Candi digelar serentak mulai 26 Oktober sampai  8 November 2020 atau dua pekan. Kegiatan Operasi Zebra berbarengan dengan Operasi Rutin Yustisi Covid-19 yang digelar Polres Kebumen.

Komper Wardopo

-->