Ridho Widiono, dalang remaja asal Kebumen mewakili Korwil Kedu meraih Juara Pertama Festival Dalang Provinsi Jateng 2020 di Semarang 29/10.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Seperti sudah diduga sebelumnya, Rido Widhiono, dalang muda asal Desa Watulawang, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, akhirnya sukses menyabet predikat Juara I Festival Dalang Remaja se Provinsi Jateng 2020.

Yang membanggakan, pada festival yang diikuti enam dalang muda mewakili Korwil Surakarta, Semarang, Pati,  Pekalongan, Banyumas dan Kedu itu Ridho meraih nilai tertinggi 1.440. Ia pun berhasil mengungguli wakil dalang remaja dari Solo Raya sebagai pemenang kedua dengan nilai 1.420 dan dalang remaja dari Pati nilai 1.385.

Festival Dalang Remaja dan Bocah Provinsi Jateng tersebut digelar 28-29 di Kampus Unnes Semarang.Merupakan kerja sama Dinas Penddidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng dan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Jateng.

Adapun Dewan Juri terdiri atas  Juri I Bambang Sulanjari SS MHum, Juri 2 Ki Joko Santosa dan Juri III Ki Ngabehi Edy Sulistiono. Pada Festival Dalang Bocah se Jateng, wakil dari Kedu menyabet Juara 3.

Rido Widhiono bersama panitia dan para dalang bocah serta dalang remaja pada Festival Dalang Provinsi Jateng Tahun 2020.(Foto:SB/Ist)

 

Tak pelak Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz pun turut berbahagia atas prestasi yang diraih Rido. Atas nama masyarakat Kebumen Bupati mengucapkan selamat atas prestasi yang diraihnya semoga sukses di ajang  selanjutnya di tingkat nasional.

”Alhamdulillah Ridho Widiono, remaja dari Desa Watulawang Pejagoan berhasil meraih Juara Pertama Fesitival Dalang Remaja Provinsi Jateng pada 29 Oktober kemarin. Saya ikut bangga  atas prestasi remaja ini,”tandas Bupati.

Sedangkan Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen Ki Pekik Satsiswo Nirmolo yang sejak awal optimis dengan penampilan Rido juga mengaku kagum atas bakat dan prestasi dalang remaja tersebut.

Kami ucapkan selamat dan ikut bangga serta apresiasi yang setinggi-tingginya pada ananda Rido Widhiono yang telah mengharumkan seni pedalangan Kebumen di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Semoga prestasi Ananda Ridho semakin berkembang dan meningkat,”ucap Satsiswo yang ikut menyaksikan  saat Fertival Dalang se Korwil Kedu di Gedung Sasana Krida Karanganyar Kebumen.

Menurut Ki Pekik, dengan prestasi yang telah diraih Rido dapat menjadi pemantik bagi Pemerintah Daerah Kebumen dan pihak yang peduli. Dia berharap Pemerintah dan swasta dapat memberikan dukungan lebih meningkat bagi semakin berkembangnya iklim berkesenian di Kebumen.

Penghargaan yang setinggi-tingginya juga kepada kerja keras seluruh panitia penyelenggara dari proses seleksi d itingkat kabupaten, Korwil Kedu hingga sampai Provinsi.”Alhamdulillah nak  Rido Widhiono ini memang memiliki bakat dari ayahnya  Ki dalang Wartun Gati Wicoro,”imbuh Ki Pekik.

Pada Festival Dalang Remaja se Kordil Kedu di kediamana Ketua Pepadi Kabupaten Kebumen R Suman Sri Husodo Jatilihur Kecamatan Karanganyar pekan lalu, keterampilan Rido memainkan lakon Kumbokarno Gugur memang telah mengundang perhatian banyak pihak. Bahkan penyajian Ridho memukau dewan juri dari luar Kebumen dan sepakat  memberikan nilai tertinggi.

Komper Wardopo