blank
Hendi menegaskan, program Daycare akan segera dilaksanakan, untuk membantu beban biaya kebutuhan rumah tangga warga Kota Semarang. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pasangan calon petahana dalam Pemilihan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi) dan Hevearita (Ita) menegaskan, akan fokus dalam pemulihan ekonomi masyarakat pada masa pandemi.

Selain menggagas Semarang Smart Card untuk membangun ekosistem ekonomi di Kota Semarang, paslon itu juga memasukkan program ‘Free Daycare’ atau tempat penitipan anak gratis, dalam naskah visi misinya untuk Periode 2021-2024.

Disebutkan oleh Hendi selaku calon Wali Kota Semarang petahana, program itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di Kota Semarang, yang tiap hari bekerja, namun masih memiliki anak usia dini.

BACA JUGA : Pemprov Jateng : Ayo Kampanyekan Jo Kawin Bocah

Hendi menyebutkan, dalam mengupayakan pemulihan ekonomi di Kota Semarang, dirinya melihat dari dua sisi, yaitu dengan menekan biaya kebutuhan masyarakat, serta memberikan stimulan yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

”Free Daycare atau tempat penitipan anak gratis ini merupakan upaya dari sisi menekan biaya kebutuhan masyarakat. Dimana pada saat ini banyak orang tua yang keduanya bekerja,” terang Hendi.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas yang gratis ini, harapannya dapat memperkuat ekonomi keluarga, yang biasanya harus mengeluarkan biaya untuk mengasuh anak selama keduanya bekerja.

Ringankan Beban
Sementara itu, secara detail calon Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryati Rahayu menjelaskan, tempat penitipan anak gratis yang direncanakannya itu, nantinya akan termasuk program asupan gizi makan dan minum gratis, serta monitoring tumbuh kembang anak.

”Program ini ada pada misi ketiga kami, tentang program perlindungan dan jaminan sosial. Harapannya, orang tua dapat lebih merasa nyaman bekerja, karena selain aman, untuk makan minum sudah disiapkan, serta dimonitor tumbuh kembang anaknya,” terang Ita.

Untuk target awalnya sendiri, tempat penitipan gratis itu akan diinisiasi pada setiap Kecamatan di Kota Semarang.

”Untuk daycare nanti, dalam rancangannya didirikan dekat kawasan industri pada aset Pemerintah Kota Semarang, di setiap kecamatan, bahkan di setiap kelurahan. Tujuannya, tentu saja seperti yang difokuskan Mas Hendi, untuk meringankan beban biaya rumah tangga,” pungkas Ita.

Hery Priyono-Riyan