blank
Ketua PMI Kota Magelang Sumartono (kiri) melepas keberangkatan relawan ke Kebumen, (Dok PMI Kota Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – PMI Kota Magelang mengirim sepuluh personil, satu  ambulans  dan 1 kendaraan operasional serta perlengkapannya,  untuk membantu PMI Kebumen mengatasi banjir dan tanah longsor yang terjadi di berbagai kecamatan di kabupaten tersebut.

Selain itu, m,enyerahkan bantuan dua karung beras dan enam dos mi instan. Personil dan bantuan sudah diberangkatkan 27 Oktober 2020. Dalam melaksanakan  tugas kemanusiaan itu PMI Kota Magelang bekerjasama dengan PMI Kebumen dan PMI Purworejo.

‘’Kami mengirimkan personil dan bantuan atas permintaan PMI Provinsi Jateng terkait bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kebumen,’’ ujar Ketua PMI Kota Magelang Sumartono, Rabu (28/10)

 

blank
Relawan saat tugas di dapur umum menyediakan 10 ribu bungkus nasi, (Dok PMI Kota Magelang)

 

Dia menerangkan, penugasannya selama tiga hari, 27-29 Oktober 2020. Dia minta dalam dalam melaksanakan misi kemanusiaan selalu berkoordinasi dengan PMI Kabupaten Kebumen, dan yang utama agar menjaga kesehatan dan keselamatan.

Di Kebumen lokasi banjir terjadi di kawasan Kota Kebumen, Gombong, Buayan, Puring, Adimulyo, Alian dan Karanganyar. Sedang tanah longsor di Sempor, Pejagoan dan Rowokele.

‘’Untuk pelayanan PMI saat ini fokus penanganan banjir  dengan membuka pelayanan dapur umum mendistribusikan 10 ribu bungkus nasi. Disamping membuka layanan asesmen, evakuasi dan distribusi,’’ tuturnya.

Doddy Ardjono