blank
Ansori, pelukis dari Gombong yang menetap di Klaten menunjukkan salah satu lukisannya yang dipamerkan di Roemah Martha Tilaar Gombong.(Foto:SB/Ist)

GOMBONG (SUARABADU.ID) -Beranda belakang Roemah Martha Tilaar Jalan Sempor Lama Gombong, Kebumen,  menjadi lokasi pembukaan Mozaik art Exhibition bertajuk “Bombong Dadi Wong Gombong” yang dibuka pada Sabtu malam (24/10).

Karya yang dipamerkan dalam acara tersebut adalah milik Ansori, seorang pelukis kenamaan asal Gombong yang sering mengadakan pameran di berbagai kota besar dan telah lama menetap di Klaten.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Ansor Muda Gombong (Anmugo) sebagai penyelenggara dan Roemah Martha Tilaar. Rangkaian acara akan berlangsung selama enam hari dengan berbagai agenda menarik seperti sarasehan, kelas kanvas, lukis on the spot hingga dialog budaya.

Noviansaid Dahlan atau kerap disapa Gus Nofi selaku ketua panitia menjelaskan, pameran lukisan kali ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2020 sekaligus untuk mengajak generasi muda Ansor berperan aktif dalam kegiatan seni. “Acara ini tujuannya untuk mengajak anak muda Ansor aktif dalam kegiatan seni dan budaya untuk menambah wawasan dan pengalaman,”imbuhnya.

blank
Pemuda Ansor Gombong dan Kebumen serta pengelola Roemah Marha Tilaar Alona Ong berfoto bersama pelukis Ansori.(Foto:SB/Ist)

Ansori selaku pemilik karya-karya lukis menarik yang dipamerkan merasa bangga dan senang dapat melakukan gelaran seni di Gombong. “Senang sekali saya bisa mengadakan pameran di Kota sendiri. Semoga dengan adanya pameran ini Gombong semakin dikenal masyarakat luas terutama yang tinggal di luar wilayah Kebumen karena sejarah dan budayanya yang beragam,”,papar Ansori saat ditemui seusai pembukaan pameran.

Sementara itu, Alona Ong selaku manager operasional Roemah Martha Tilaar Gombong menyambut baik diadakannya pameran lukisan di RMT yang selama ini menjadi wadah bagi komunitas dan pelaku seni mengadakan berbagai acara dan pertunjukkan.

blank
Ketua PC GP Ansor Kebumen Mudzakir dan pelukis Ansori pada pameran lukisan Ansor Muda Gombong bersama Roemah Martha Tilaar Gombong.(Foto:SB/Ist)

“Roemah Martha Tilaar sendiri merupakan creative hub dan learning centre yang selama ini menjadi wadah bagi komunitas dan pelaku seni untuk mengadakan aktivitas dan kegiatan disini. Acara kali ini kami sambut baik untuk memperkenalkan karya seniman dan pelukis Gombong kepada masyarakat,” papar Alona.

Komper Wardopo