blank
Sosialisasi dan Pelatihan Mitigasi bencana di Desa Bucu, Kembang

JEPARA (SUARABARU.ID)– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Mitigasi Bencana di Desa Blimbingrejo Kecamatan Nalumsari dan Desa Bucu Kecamatan Kembang pada Senin dan Selasa, (25-26/10).

Acara yang dibuka oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko ini mengatakan, “Pelatihan ini bertujuan untuk mengukur kesiapan sarana dan prasarana serta mengukur kekuatan dan kemampuan relawan dan masyarakat desa dalam upaya mencegah dan menanggulangi bencana di Kabupaten Jepara dalam mengurangi dampak bencana”, ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, bahwa Kabupaten Jepara yang terdiri dari pegunungan, perbukitan dan lautan memiliki tingkat resiko tinggi terhadap bencana. Berdasarkan (IRBI) tahun 2018, Kabupaten Jepara berada pada urutan ke- 157 secara nasional dan ke- 10 di Jawa Tengah dengan nilai skor 163, 20 point.

blank“Penting bagi setiap masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami, mengetahui, dan mampu memetakan serta memiliki perencanaan dalam pengurangan resiko bencana di tingkat desa”, lanjut Edy yang juga sebagai Kepala BPBD Jepara.

Dalam akhir sambutannya, Edy Sujatmiko berpesan kepada seluruh peserta agar tetap selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini terhadap perubahan kondisi lingkungan sekitar, untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan pelatihan mutigasi bencana diikuti 40 peserta dari perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, perwakilan RT/RW, relawan desa.

Hadepe -Ua