blank
Tangkapan layar, Ketua panitia Rugayawati menjelaskan pelaksanaan Webinar. Foto: Hm

SEMARANG (SUARABARU.ID) Masa pandemi menjadikan banyak perusahaan mengambil kebijakan work from home (WFH/kerja dari rumah) dan begitu pula sekolah melakukan study from home (SFH) yang terpusat di rumah. Hal ini membuat beban domestik bagi perempuan menjadi berlipat.

Banyak perempuan sebagai ibu juga pekerja, harus mengerjakan tugas kantor, melakukan pekerjaan rumah tangga, juga mendapat pelimpahan tugas  guru yang cukup berat.

“Terutama ketika sekolah tidak menyediakan panduan yang cukup bagi orang tua untuk mendampingi anak dalam belajar,” kata Dra  Retno Sudewi, Apt, MSi,MM , Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk (P3A2PP) dalam Webinar Sosialisasi Pembelajaran yang Aman, Menyenangkan, dan Efektif bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19  Minggu (25/10).

Kegiatan yang diinisiasi Forkom PUSPA  Jawa Tengah, sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan guru PAUD dan orang tua terutama ibu dalam mendampingi anak usia dini melaksanakan pembelajaran di rumah, agar tercipta ruang belajar yang aman, menyenangkan dan efektif.

“Tidak semua ibu melek teknologi informasi dan komunikasi, serta keuangan keluarga yang terbatas, bisa memicu kekerasan pada anak,” tambahnya.

Data yang masuk di Web Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jawa Tengah, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun 2018 : 2407 kasus, tahun 2019 – 2355 kasus, tahun 2020 sampai dengan tanggal 30 September 2020 sebanyak 1138 kasus. Data tersebut merupakan data yang dilaporkan di PPT atau P2TP2A.

“Dari data tersebut, tampak jelas lemahnya fungsi keluarga sebagai tempat pengasuhan, pendidikan, pemeliharaan, pembinaan, perlindungan, dan tumbuh kembang anak, menurut UU No.35 Tahun 2014  tentang Perlindungan Anak.

Inovasi

Sebelumnya ketua panitia pelaksanaan webinar, Sekretaris PUSPA Jateng, Rugayawati S Sos, MKes, mengatakan tujuan webinar antara lain untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan para guru PAUD, orang tua- terutama ibu dalam mendampingi anak usia dini di masa pandemi covid -19 melaksanakan pembelajaran di rumah. Juga  meningkatkan inovasi pembelajaran anak usia dini di rumah bagi guru  PAUD, orang tua, tutor.

Narasumber Hj Wieke Diah Anjarwati, S.Psi, M.Kes. menyampaikan materi Komunikasi Efektif dalam Pengasuhan, Dedy Andrianto, S Sos ketua HIMPAUDI  Jateng tentang Strategi, Metode Pembelajaran yang Aman Menyenangkan dan Efektif bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 dan  Dra Darozy Endah Hyoscyamina M Pd  dari Fakultas Psikologi Undip menyampaikan Didiklah Anak dengan Cinta dan Contoh.

Kegiatan  dipandu oleh Suwarno Widodo, dosen UPGRIS yang juga dari Forkom PUSPA. Sebagai keynote speaker, Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA –  Indra Gunawan, SKM, MA.

Humaini-trs