blank
Bupati Pacitan, Indartato (kedua dari kiri) mengalungkan medali kepada atlet peraih juara dalam pertandingan di event Porkab 2020.(Foto:Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Meski masih pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, KONI Kabupaten Pacitan, Jatim, menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tahun 2020. Event olahraga muticabang ini, diharapkan menjadi ajang mematangkan atlet-atlet Pacitan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Tim Humas Pemkab Pacitan, Rizky, Luky danArif, mengabarkan, Porkab 2020, Sabtu (24/10), dibuka Bupati Pacitan Indartato di Gelanggang Olahraga (GOR) Pacitan. Dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi, yakni memberlakukan protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona secara ketat.

”Pemerintah minta, semua bersatu-padu agar ke depan olahraga dapat lebih berprestasi,” tegas Bupati Indartato. Melalui pembinaan yang sinergis pada semua cabang olahraga, diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi. Yang keberadaannya, tidak hanya menjadi kebanggaan Pacitan, tapi mampu pula mengharumkan nama bangsa dan negara.

blank
Porkab Pacitan 2020 digelar Tanggal 24 sampai dengan 25 Oktober 2020. Upacara pembukaannya ditandai pembacaan janji atlet dan janji wasit.(Foto:Humas Pacitan)

Pohon Memorial
”Atas nama pemerintah daerah, saya juga mohon maaf karena belum mampu membantu secara maksimal, meski kita tetap untuk mengupayakannya,” jelas Bupati Indartato. Pembukaan Porkab 2020 ditandai penanaman pohon memorial oleh Bupati bersama jajaran Forkompinda. Yakni bibit pohon buah yang ditanam di kompleks GOR Pacitan.

Ketua KONI Kabupaten Pacitan, Joko Prayitno, mengatakan, Porkab ini hendaknya jadi ajang pemanasan bagi atlet-atlet Pacitan sebelum mengikuti Porprov Jatim. Ada 8 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan. Yakni Sepak Takraw, Petanque, Panahan, menembak, Catur, Bridge, Bulutangkis dan Tenis Meja.

blank
Seorang atlet tengah mengikuti pertandingan di cabang olahraga (Cabor) panahan di event Porkab Pacitan 2020, yang digelar di GOR Pacitan.(Foto:Humas Pacitan)

”Porkab 2020 diikuti oleh sebanyak 350 atlet dan official,” terang Joko Prayitno sembari menambahkan bahwa pembinaan dan kegiatan olahraga banyak terpangaruh oleh adanya pandemi Covid-19.

Berkaitan dengan upaya pencegahan wabah virus corona, pelaksanaan Porkab menyesuaikan dengan protokol kesehatan. Venue pertandingan tersebar di sejumlah lokasi, untuk menghindari kerumunan. Cabor yang dipertandingkan, juga dipilih yang tidak beresiko.

Bambang Pur