blank
Peta Up Date Zonasi Risiko Covid-19 Kabupaten Kebumen dari Provinsi Jateng Minggu ini.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Berdasarkan Peta Zonasi Risiko Covid-19 yang dikeluarkan Pemprov Jateng pekan ini, Kecamatan Petanahan, Kebumen, masuk zona merah. Sedangkan tiga desa masuk Zona Merah yaitu Desa Grogolpenatus Kecamatan Petanahan, Ambalresmi Ambal dan Giripurno Karanganyar.

Ketua Bidang Informasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen Cokroaminoto dalam rilis yang diterima Minggu pagi (25/10) menyebutkan, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (24/10) bertambah 22 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut merupakan kontak dengan kasus terkonfirmasi terdahulu.

Yang menggembirakan, pada hari yang sama kasus terkonfirmasi positif di Kebumen dinyatakan sembuh bertambah 44 orang. Mereka yang sembuh dan telah menjalani isolasi selama 14 hari itu dari usia paling rendah anak 7 tahun dan paling tua laki-laki 72 tahun.

Namun pada Sabtu (24/10) lalu itu juga ada kasus terkonfirmasi positif dinyatakan meninggal bertambah 1 orang, atas nama SUY (64), laki-laki.

Yang menarik pula data pada Jumat (23/10) lalu jumlah orang yang dinyatakan hasil lab negatif (discarded) bertambah 49 orang. Namun yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 juga 49 orang. Artinya data jumlah kasus negatif dan positif corona satu hari sama persis.

Hingga Sabtu malam (24/10) Satuan Tugas mengungkapkan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 1.244 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi itu, dirawat 70 orang, menjalani isolasi 202 orang, meninggal dunia 33 orang dan sembuh sebanyak 939 orang.

Menyinggung Peta zonasi Risiko Covid-19, Cokroaminoto mengutip update Zonasi 24-10-2020 Per Kecamatan dari Web Jateng, diperoleh zonasi Kabupaten Kebumen di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Kebumen masih berada di Zona Merah.

Di tingkat Kabupaten Kebumen, Zona Merah ada di Kecamatan  Petanahan. Zona Oranye meliputi Kecamatan Sempor, Gombong, Sruweng, Karanganyar, Puring, Klirong, Kebumen, Kutowinangun, Ambal, Sadang.

Zona Kuning meliputi Kecamatan Karangsambung, Pejagoan, Alian, Poncowarno, Padureso, Prembun, Mirit, Buluspeasantren. Zona Hijau ada di Kecamatan Rowokele, Bonorowo, Ayah, Buayan, Kuwarasan, Adimulyo, Karanggayam.

Komper Wardopo