blank
Wakapolres Grobogan Kompol Prayudha Widiatmoko saat mengecek kesiapan personel Satlantas Polres Grobogan. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Mulai 26 Oktober – 8 November 2020, Operasi Zebra Candi 2020 akan dilaksanakan di wilayah hukum Polres Grobogan. Jelang pelaksanaannya, seluruh personel dan sarana prasarana dicek kesiapannya, Sabtu (25/10/2020).

Pengecekan dipimpin Wakapolres Grobogan Kompol Prayudha Widiatmoko yang didampingi Kasat Lantas AKP Sri Martini dan sejumlah pejabat utama. Bertempat di Mapolres Grobogan, pengecekan dilaksanakan mulai pukul 07.00 – 09.00 WIB.

Seluruh personel Satlantas Polres Grobogan dan sejumlah personel dari BPBD Grobogan dikumpulkan di halaman belakang untuk dilakukan pengecekan. Pertama, kesiapan personel dicek melalui alat-alat yang dipergunakan selama pelaksanaan operasi.

Cuaca yang akhir-akhir ini tak menentu diharapkan petugas mempersiapkan sejak dini alat-alat yang dibutuhkan, seperti jas hujan, lampu pengatur lalu lintas dan sepatu boot. Selain itu, kesiapan borgol, rompi, stick button dan peluit juga ikut serta dalam pengecekan ini.

Sementara, pengecekan kedua yakni sarana prasarana yang dipakai petugas. Pengecekan sarpras dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kerusakan, baik kerusakan mesin maupun onderdil pada kendaraan dinas yang dipakai ke lapangan.

Kendaraan dinas dengan kondisi prima. Kemudian juga pengecekan perahu karet, kotak TPTKP dan pelampung turut dicek juga.

blank
Keterlibatan personel BPBD Grobogan didalamnya sebagai upaya pembentukan koordinasi antara instansi tersebut dengan Polres Grobogan. Foto : hana eswe.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui kesiapan personel guna pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2020 sehingga anggota siap melaksanakan tugas dengan ditunjang peralatan dan perlengkapan diri,” terang Kasat Lantas Polres Grobogan, AKP Sri Martini.

Pihaknya juga menjelaskan, keterlibatan sejumlah personel BPBD Grobogan dalam operasi Zebra Candi 2020 ini merupakan bentuk koordinasi yang baik antara Polres Grobogan dan BPBD guna menghadapi bencana alam. Terutama musim hujan yang saat ini mulai masuk di wilayah Kabupaten Grobogan.

“Di samping mempersiapkan anggota guna pelaksanaan Ops Zebra, kegiatan ini juga merupakan bentuk koordinasi yang baik antara Polres dan BPBD guna menghadapi bencana alam karena sekarang sudah masuk musim hujan,” tambahnya.

Hana Eswe.