TES SWAB - Anggota Kodim 0712/Tegal saat melakukan tes swab di Makodim. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 419 anggota Kodim 0712/Tegal telah melakukan tes swab. Gelombang pertama tes Swab dilakukan pada 14 -15 September 2020 lalu dan hari ini Jumat (23/10/2020) total sudah 419 orang telah dilakukan swab.

Tes swab saat ini adalah kelanjutan kegiatan sebelumnya, dimana kita mendapat perintah dari komando atas untuk meyakinkan bahwa seluruh prajurit yang ada di wilayah kita Kodim 0712 Tegal, termasuk PNS melaksanakan tes swab dalam rangka pencegahan Covid-19,” tegas Komandan Kodim 0712/ Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar di sela kegiatan tes swab di Makodim, Jumat (23/10/2020).

Tes swab terhadap jajarannya bertujuan agar apa bila ada ditemukan kasus Covid-19 bisa tertangani secepatnya. “Kita lakukan untuk mendeteksi lebih dini,” kata Sutan.

Pengambilan tes swab tersebut merupakan hari ketiga sebanyak 419 orang. Pengambilan tes swab dilakukan secara bergantian oleh Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Dinas Kesehatak Kabupaten Tegal. Sutan menyampaikan, untuk hasil tes swab sampai hari ini dari dinas masing-masing masih belum keluar hasilnya.

Dandim tidak mau berandai-andai dan semoga tidak terjadi. Apa bila dari hasil swab ada yang dinyatakan positif, maka pihaknya akan mengambil langkah untuk melakukan isolasi mandiri di rumah yang sudah tentu ada peran dari Kodim 0712.

“Dalam rangka isolasi mandiri dinrumah kita akan melakukan langkah-langkah sesuai prosedur kesehatan, peran Kodim meyakinkan seluruh kebutuhan sarana maupun prasarana yang dibutuhkan oleh anak buah kita,” tegas Sutan.

Kodim 0712/Tegal selama ini memberlakukan hanya 50 persen yang masuk kantor, sedangkan sisanya bekerja dari dari rumah.

Nino Moebi