blank
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Wonosobo, Eko Prasetyo Heru Wibowo (paling kanan). Foto : SB/dok

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Eko Prasetyo Heru Wibowo tengah mengajukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) ke DPP Perjuangan. Jika rekomendasi telah turun akan segera dilakukan pelantikan PAW.

“Rekom itu baru turun untuk PAW pimpinan. Sementara untuk anggota masih dalam proses. Nanti pelantikan PAW pimpinan dan anggota dari PDI Perjuangan dan PKB akan dibarengkan,” katanya, Jumat (23/10).

Eko menyebut jika dulu proses administrasi yang dilakukan untuk pimpinan dan anggota itu berbeda. Pasalnya, PAW pimpinan perlu rekom dari DPP Perjuangan sedang anggota yang tidak memerlukan rekom dari pusat.

“Sekarang berdasar peraturan KPU, PAW anggota DPRD juga harus mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan maupun DPP PKB. Jadi proses PAW dan pelantikan pimpinan dan anggota akan dilakukan secara bersama-sama,” terangnya.

Sementara proses administrasi untuk PAW pimpinan DPRD memang sudah dilakukan jauh-jauh hari. Sehingga rekomendasi tinggal menunggu hasil dari pusat. Sementara untuk PAW anggota akhirnya harus disusulkan.

Tiga Nama

blank
Wahyu Lembu Suro Nugroho. Foto : SB/dok

“Untuk PAW Ketua DPRD itu sudah muncul tiga nama. Ada Wahyu Lembu Suro Nugroho, Lukman Latif dan Eko Prasetyo Heru Wibowo. Jadi belum tahu nanti turunnya akan ke siapa. Kita manut saja. Sebagai kader partai siap ditempatkan di mana saja,” terangnya.

Meski begitu, menurutnya, mekanisme dalam AD/ART itu jika proses pergantian pimpinan itu bakal digantikan pada struktrur pengurus partai yang ada di bawahnya.

Sehingga nama Eko Prasetyo itu punya kesempatan besar untuk menggantikan pimpinan DPR sebelumnya yang dijabat oleh Afif Nurhidayat, yang kini maju sebagai Calon Bupati Wonosobo.

Menurut Eko, setelah rekom turun, pihaknya akan segera mengajukan ke surat rekom tersebut ke Sekretaris Dewan (Setwan) dan KPUD. Sehingga proses pergantian pimpinan ini bisa dilangsungkan pada tahun ini.

“Kalau bisa tahun akhir 2020 ini DPRD sudah punya pimpinan baru. Sehingga tidak menghambat tugas penting di DPRD Wonosobo,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu