blank
Bupati Magelang, Zaenal Arifin (kiri)  menerima bantuan Pasang Baru Listrik secara simbolis dari General Manager PLN Jateng-DIY, Feby Joko Priharto.

MAGELANG (SUARABARU.ID) –  Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional yang jatuh pada 27 Oktober mendatang, PLN Jateng-DIY memberikan bantuan kepada 200 pelanggan di Kabupaten Magelang berupa pemasangan baru listrik 450 VA. Bantuan  diserahkan secara simbolis oleh General Manager PLN Jateng-DIY Feby Joko Priharto kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang, Kamis (22/10/2020)

General Manager PLN Jateng-DIY, Feby Joko Priharto menyebutkan, masih terdapat kurang lebih 11.000 rumah di Kabupaten Magelang yang belum teraliri listrik. Disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya lokasinya terletak jauh dari jaringan PLN, berbatasan dengan kawasan perhutani (berbatasan dengan hutan), hunian baru yang berada di area perkebunan.

Di tahun ini, PLN sudah memberikan bantuan pemasangan listrik gratis 450 VA di wilayah Kabupaten Magelang sebanyak 1.659 unit dengan total biaya sebesar Rp 1,2 miliar. Selain itu, PLN juga memberikan bantuan stimulus dalam rangka mengurangi dampak Pandemi Covid-19.

“Terkait Pandemi Covid-19, PLN memberikan bantuan stimulus berupa penggunaan listrik gratis pada pelanggan 450 VA, tidak bayar sampai dengan bulan Desember. Sedangkan bagi pelanggan 900 VA hanya membayar 50 persen dari tagihan rata-rata per bulan,” ungkap, Feby.

Lanjut Feby, penerima bantuan stimulus di Kabupaten Magelang saat ini tercatat mencapai 146.000 KK, dengan nilai mencapai Rp 3,9 miliar. Rencananya, pemberian bantuan stimulus dalam rangka mengurangi dampak Covid-19 akan terus ditambah hingga Desember mendatang. Selain kepada pelanggan rumah tangga, bantuan stimulus tersebut juga diberikan kepada pelaku bisnis dan industri (UMKM) yang juga terdampak Covid-19.

“Hari ini (22/10) kita akan melaunching bantuan listrik gratis kepada masyarakat di Kecamatan Salaman sebanyak 87 unit, kemudian Tempuran ada 70, Kajoran ada 22, dan Mertoyudan, Windusari, Secang, Bandongan dengan totalnya 200 unit,” paparnya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin sangat mengapresiasi atas bantuan bagi pelanggan PLN di wilayah Kabupaten Magelang. Ia berharap bantuan tersebut dapat meringankan dampak Covid-19 di masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Tentunya atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada keluarga besar PLN yang terus berupaya berbagi dengan masyarakat di Kabupaten Magelang,” kata Zaenal.

Menurutnya, di masa pandemi sekarang ini berbagai sektor di Kabupaten Magelang telah terkena dampaknya, tidak terkecuali pada sektor pariwisata dan UMKM. Maka melalui bantuan itu diharapkan setidaknya bisa memberikan keringanan bagi para pelaku usaha baik di bidang pariwisata, UMKM maupun yang lainnya.

“Saat ini kami juga sedang berbagi stimulus ekonomi. Mungkin dinas terkaitnya (Disdagkop UKM) juga sedang pusing karena pengajuan dari masyarakat sangat luar biasa. Yang jelas kami akan melakukan segala upaya untuk mengurangi dampak Covid-19 bagi masyarakat Kabupaten Magelang,” pungkas, Zaenal.

Eko Priyono-Wahyu