blank
DIALOG - Kepala OJK Tegal, Ludy Arianto saat dialog dengan sejumlah wartawan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal menggelar Media Gathering di sebuah cafe di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal, Kamis (22/10/2020).

Dalam pertemuan itu diungkapkan, OJK saat ini sedang upaya mengumpulkan para UMKM di Kota Tegal. Di antaranya kerajinan Sarung Goyor yang telah berproduksi untuk ekspor ke Somalia.

Kepala OJK Tegal, Ludy Arianto mengatakan, ekspor sarung Goyor sedikit ada kendala terkait dengan pengiriman dengan kontainer yang masih harus bergabung dengan eksportir lain. Dampak penggabungan tersebut eksportir mengeluarkan biaya tambah mahal.

Ludy Arianto menambahkan, pemerintah terus berusaha untuk memajukan UMKM. Kondisi pandemi ini, Ludy meminta UMKM terus berproduksi dan berkarya. Produk UMKM Tegal bagus dan murah karena membeli langsung di sumbernya.

Untuk itu, kata Ludy, pilihannya membuat platform untuk memperpendek rantai distribusi. OJK telah membuat platform umkmbangkit.id untuk pengembangan UMKM di Jawa Tengah. “Platfom ini terkoneksi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di 35 Kab/Kota. Platfom ini (umkmbangkit.id) rumah digital untuk pelaku UMKM,” pungkas Ludy.

Nino Moebi