blank
Tasyakuran dimulainya jembatan gantung di Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Akan dibangun jembatan  gantung yang menghubungkan Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis dan Desa Surodadi, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Dibangunnya jembatan tersebut berkat aspirasi anggota Komisi V DPR RI Ir H Sudjadi.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan jembatan gantung Banyusidi, Dinar Pangayoman menuturkan, pembangunan jembatan tersebut satu paket dengan jembatan gantung yang di Cilacap.Jembatan yang di  Banyusidi itu menghubungkan Desa Banyusidi dan Surodadi.

Nilai kontrak kedua jembatan itu sekitar Rp 13 miliar. Nilai yang di Banyusidi sekitar Rp 2,5 miliar, sisanya untuk yang di Cilacap karena lebih panjang dan kondisi tiang pancangnya lebih dalam. “Sedangkan konstruksi di Banyusidi itu hanya fondasi setempat tidak menggunakan tiang pancang,” jelasnya.

Jalan pendekat dari Desa Banyusidi sekitar 800 meter dari ujung aspal. Sedangkan di Surodadi sekitar 200 meter dari ujung jembatan sampai ketemu aspal jalan. “Panjang jembatan 42 meter. Jalan dari jembatan dibeton sampai jalan aspal di dekatnya,” tuturnya.

Dia memaparkan hal itu dalam acara tasyakuran dimulainya pembangunan jembatan gantung di Dusun Wiropati, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis.

Camat PakisTaufik Hidayat berharap semoga pembangunan jembatan tersebut dapat terwujud dengan baik. Kokoh, kuat dan dapat mengakrabkan warga  beberapa desa.

Kesungguhan dalam membangun desa, belum lama ini desa itu mendapat apresiasi karena peringkat pertama se-Jateng dalam pengerjaan proyek Pisew. Dia senang terhadap pembangunan di Desa Banyusidi. “Semoga Desa Banyusidi bisa lebih maju. Terus pupuk kebersamaan dan kegotongroyongan,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Banyusidi, Yuwono, berterima kasih akan dibangunnya jembatan gantung. Dahulu jalan menuju jembatan hanya setapak tetapi sekarang sekitar tiga meter. “Kini

mau disulap jadi jalan yang beda. Itu karena perjuangan dan kegotongroyongan  untuk kemaslahatan,” katanya.

Ditambahkan, jembatan  yang akan dibangun itu merupakan penghubung antardesa beda kecamatan. Merupakan jalur sekolah dan  perekonomian.

Hadir dalam acara itu staf khusus anggota DPR RI Ir Sudjadi, yakni Maeda dan Pramono. Juga Muspika Pakis dan Candimulyo, serta puluhan warga setempat.

Eko Priyono-trs