blank

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak enam pasien terkonfirmasi positif covid-19 berasal dari Kecamatan Salam, dua Secang dan seorang warga Ngluwar, dinyatakan sembuh setelah hasil swabnya negatif Jumat (23/10/2020). Namun demikian, saat ini ada tambahan 16 pasien positif corona.

Empat di antaranya warga Mertoyudan, Mungkid (3 orang), Muntilan (2), Kajoran (2) dan lima orang tersebar di Secang, Grabag, Sawangan, Ngablak dan Borobudur.

“Dengan tambahan 16 baru, sembilan sembuh itu, jumlah komulatif pasien terkonfirmasi positif ada 936 orang. Rinciannya, 174 masih dirawat dan menjalani isolasi mandiri, 738 sembuh dan 24 meninggal,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Sementara untuk pasien dengan pengawasan (PDP), saat ini ada tambahan sembilan baru. Mereka tersebar di Kecamatan Salaman, Mertoyudan, Borobudur, Kajoran, Muntilan, Tempuran, Srumbung, Kaliangkrik dan Dukun. Selain itu ada satu orang alih status meninggal, dan satu orang PDP alih status menjadi pasien terkonfirmasi positif dari Ngablak.

“Meski demikian, ada enam PDP yang dinyatakan sembuh. Dua di antaranya dari Mertoyudan, dan empat orang tersebar di Sawangan, Tempuran, Secang dan Bandongan. Dengan tambahan sembilan, enam sembuh, satu alih status meninggal dan satu alih status ke positif itu, jumlah komulatifnya menjadi 629 orang. Rinciannya, 15 dirawat, 544 sembuh dan 70 meninggal,” ungkapnya.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada.

Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar menaati Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Perbub Kabupaten Magelang Nomor 38 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Di antaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Hal lainnya, mengonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh,” pungkasnya.

Eko Priyono-trs