blank
Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso, menyerahkan penghargaan WTP kepada Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa (kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri, menerima lagi penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Ini menjadi WTP yang kelimakalinya diterimakan kepada Pemkab Wonogiri, dalam lima tahun berturut-turut belakangan ini.

Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Wonogiri, Haryanto dan juru warta Esti, Kamis (22/10), menyatakan, penghargaan WTP tersebut terkait dengan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Pemkab Wonogiri telah menerima WTP 5 kali berturut-turut. Yakni Tahun 2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020.

Perwakilan Menteri Keuangan RI datang ke Kabupaten Wonogiri untuk menyerahkan piagam dan plakat WTP sebagai penghargaan atas keberhasilan Pemkab Wonogiri dalam pengelolaan keuangan. Ini terkait dengan LKPD yang pernah disampaikan beberapa waktu lalu. Tapi karena dalam situasi pandemi Covid-19, penghargaan itu baru diserahkan sekarang.

Datang ke Daerah
Biasanya Pemkab Wonogiri sebagai penerima WTP datang ke Kantor BPK. ”Tapi sekarang ini, perwakilan Menkeu RI yang datang ke daerah untuk menyerahkan,” terang kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Sugiarso, Kamis (22/10).

Penghargaan WTP itu diterimakan kepada Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa. Atas nama Menkeu RI, Sugiarso juga memberikan apresiasi yang tinggi karena Pemkab Wonogiri mampu meraih WTP lima kali berturut-turut.

blank
Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, memegang penghargaan WTP. Ini menjadi yang kelimakalinya berturut-turut diraih oleh Pemkab Wonogiri.

Menurutnya, ada empat kriteria penilaian WTP. Yakni kesesuaian dengan standar pelaporan keuangan, kelengkapan pelaporan disertai bukti-bukti, kesesuaian dengan peraturan pemerintah atau regulasi yang ada, dan konsistensi kepatuhan unit-unit internal Pemkab.

Dukungan Stakeholder
Plt Bupati Wonogiri, Edy Santosa, menyebutkan, kesuksesan ini tak terlepas dari hubungan baik dengan lembaga legislatif, juga dukungan dari seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat Wonogiri. ”Itulah yang membuat Wonogiri bisa meraih WTP lima kali berturut-turut,” tandasnya.

Oleh karenanya, dia mengucapkan syukur dan penghargaan yang luar biasa. Selama lima tahun diberi amanah mempimpin Wonogiri, mampu menjalaninya dengan baik dengan bukti diperolehnya predikat WTP. Kata Edy, Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri dilantik sejak 17 Februari 2016 lalu.

Predikat WTP tidak lepas dari kekompakan dan kebersamaan para pemimpin. Mereka ditunjang oleh perangkat daerah yang berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan masing-masing. ”Kalau solid dan bekerja secara konsiten, saya yakin tahun depan kembali meraih WTP lagi,” tegas Edy., sembari menambahkan penghargaan ini memotivasi Pemkab Wonogiri untuk terus meningkatkan upaya membangun akuntabilitas di tahun-tahun mendatang.

Bambang Pur