blank
Bripka Suseno selalu aktif menyambangi para peternak sapi, agar selalu waspada terhadap tindakan pencurian ternak dan bahaya kebakaran. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Guna mengantisipasi terjadinya pencurian dengan sasaran ternak sapi, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, mulai memberdayakan anggotanya terutama Bhabinkamtibmas, untuk menyambangi dan melakukan patroli dialogis kepada peternak di wilayah desa binaannya.

Seperti diketahui, sebagian besar masyarakat kabupaten paling timur di Provinsi Jateng ini, warganya adalah petani peternak di rumah masing-masing.

Bahkan sampai saat ini, Kabupaten Blora dikategorikan sebagai kabupaten dengan populasi ternak sapi terbesar di Jateng dan Nasional.

BACA JUGA : Barang Bukti 62 Perkara Dimusnahkan Kejari Grobogan

Arahan yang diberikan Kapolres itu, langsung direspon Bhabinkamtibmas Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Bripka Suseno.

Pada Kamis (22/10/2020), Bripka Suseno menyambangi peternak sapi di wilayah desa binaanya, untuk menyampaikan imbauan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dia berpesan, terutama para peternak sapi di desa itu, agar selalu hati-hati dan waspada. Terutama faktor keamanan, serta antisipasi adanya kebakaran yang akhir-akhir ini sering menimpa kandang sapi, dan merembet ke rumah penduduk.

Dijelaskan Suseno, tujuan warga adalah membuat bediang (perapian di kandang), untuk mengusir nyamuk. Namun jika tidak diawasi, maka api rawan menjalar ke pakan jerami dan bisa menimbulkan kebakaran.

”Kami ajak warga agar waspada dalam hal keamanan serta bahaya kebakaran. Karena keamanan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pihak kepolisian saja,” terang Bripka Suseno.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas penghobi olahraga bersepeda ini, menyampaikan imbauan agar selalu menerapkan protokol kesehatan, dalam setiap beraktifitas, agar kegiatan bisa terus berjalan serta aman dari covid-19.

blank
Selain memberikan pemahaman tentang kamtibmas, Bripka Suseno juga berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Foto: wahono

Protokol Kesehatan
”Dalam suasana pandemi ini, warga harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan membiasakan 4M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kerumuman),” pesan anggota Polres Blora yang bertugas di Polsek Randublatung itu.

Parno (51), salah satu warga Pilang mengaku senang dengan kedatangan Bhabinkamtibmas yang rutin melakukan patroli. Karena dengan aktifnya Bhabinkamtibmas menyambangi wilayahnya, menjadikan desa makin aman.

”Warga merasa lebih senang dan tenang, jika polisi hadir di desa. Karena jika ada yang punya niatan jelek pun, pasti tidak akan berani,” ucapnya.

Terpisah, Kapolsek Randublatung AKP Subardo menyampaikan, yang dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka (Pol) Suseno itu, merupakan wujud nyata dari kepedulian dan kehadiran Polri di tengah masyarakat.

Ini juga sesuai dengan instruksi dari Kapolres Blora yang menyebutkan, anggota Polri harus bisa membaur bersama warga, untuk menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

”Anggota selalu kami dorong untuk aktif di lapangan, bersinergi demi terciptanya wilayah yang aman dan kondusif,” tandas AKP Subardo.

Wahono-Riyan