blank
Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sejumlah 104 toko online memajang produknya dalam pameran produk UMKM secara virtual, yang bertajuk UKM Virtual Expo. Acara itu sendiri akan dihelat Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah, pada Minggu-Selasa (25–27/10/2020).

Meski penyelenggaraannya tinggal menghitung hari, namun masyarakat sudah bisa melihat produk UMKM pada hari ini, melalui laman www.ukmvirtualexpo.com. Dengan demikian, masyarakat sudah bisa melihat dan membeli produk yang dipamerkan.

Terpantau di laman itu pada Selasa (20/10/2020) pukul 15.00 WIB, ada empat kategori produk UMKM yang bisa dilihat. Antara lain kategori batik, fashion dan kecantikan, kategori makanan dan minuman, kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit.

BACA JUGA : Ganjar Prioritaskan Vaksin untuk Nakes dan Petugas Lapangan

Ada pula kategori furniture dan dekorasi rumah. Masing-masing toko online itu tertera nama toko, foto produk, nama pemilik, hingga nomor telepon pemilik.

Rinciannya, untuk kategori batik, fashion dan kecantikan, di dalamnya terdapat 40 toko online yang memajang produknya. Selanjutnya ada kategori makanan dan minuman. Di dalam kategori ini terdapat 46 toko online yang terlibat, seperti produk madu, abon, sate, kopi dan lainnya.

Kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit terdapat di enam toko online. Kategori furniture dan dekorasi rumah terdapat di 12 toko online yang memamerkan produknya. Total toko online dari empat kategori di UKM Virtual Expo itu ada 104 toko online.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Jateng, Emma Rachmawati menjelaskan, masyarakat sudah bisa melihat produk dan membelinya. ”Lihat saja di link itu (www.ukmvirtualexpo.com),” ujar Emma dalam keterangannya, Selasa (20/10/2020).

Dia menambahkan, untuk UKM yang mengikuti UKM Virtual Expo ini, mendapatkan fasilitas kepesertaan UVO, yang tidak dipungut biaya. Selain itu juga, mereka akan berkesempatan produknya dilihat oleh seluruh dunia, bahkan berkesempatan produknya dijual langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Hj Nawal Nur Taj Yasin Istri Wakil Gubernur Jateng.

blank
Foto: dok/ist

Zona Nyaman
Sedangkan masyarakat yang mengikuti UKM Virtual Expo ini akan mendapat keuntungan bebas ongkos kirim (ongkir), selama even berlangsung. ”Free ongkir selama even berlangsung, bekerja sama dengan QPosin-aja dan pemberian doorprize kepada viewer,” terang dia.

Dituturkannya, untuk pelaksanaan UKM Virtual Expo, target yang ingin diraih adalah, mendorong laju ekonomi UKM Jateng, meraih target pasar seluas-luasnya melalui pemanfaatan teknologi dan digital.

”Kami ingin mengeluarkan UKM dari zona nyaman berjualan secara konvensional, dan menjadi terbiasa dengan pasar online,” terangnya lebih lanjut.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinkop-UMKM Jateng, Julie Emmy Lia menambahkan, untuk warga sudah bisa mulai berkunjung dan membeli. ”Warga yang berniat membeli bisa langsung menghubungi nomor WA (nomor yang tertera di toko online www.ukmvirtualexpo.com),” ujarnya.

Ada pun jumlah 104 toko online yang sudah memamerkan produknya itu, saat ini sudah tidak bisa ditambah. ”Kalau untuk sesi 1 ini sudah fix,” tegasnya.

Penyelenggara juga menyediakan doorprize untuk para viewer yang beruntung. Antara lain tujuh unit sepeda, satu unit sepeda motor, tiga unit televisi, dan dua unit kipas angin.

Hery Priyono-Riyan