Zettira Zahwa, siswa SMAN 1 Jepara peraih medali perak pada Kompetisi Sains Nasional 2020.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kamila Zettira Zahwa, siswa SMA N 1 Jepara  telah menorehkan prestasi bidang sains tingkat nasional. Dalam  kompetisi tingkat SMA/MA yang berskala nasional ini yang dilakukan tanggal 16/10 lalu  Kamila Zettira Zahwa yang duduk dibangku  kelas XII-MIPA. 4 ini berhasil menyabet juara II.

Ada beberapa proses  yang  dilalui oleh Zettira Zahwa dalam mengikuti kompetisi  ini, terutama tes teori bidang studi kimia. Tes ini dilakukan   dua sesi berturut-turut secara daring. Setiap sesi berlangsung selama 105 menit dengan diselingi istirahat 15 menit. Setiap sesinya, Kamila mendapatkan lima soal uraian.

Kepala SMAN 1 Jepara, Udik Agus DW, M.Pd

Dua hari sesudahnya, Ia mengikuti tes wawancara yang dibagi dalam beberapa kelompok. Materi wawancara seputar persiapan kompetisi yang dilakukannya serta apa motivasi mengikuti KSN.

Kepala Sekolah SMA N 1 Jepara, Udik Agus DW. M.Pd menjelaskan,   keberhasilan siswanya dalam mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 ini diawali dengan mengikuti KSN tingkat kabupaten dan tingkat provinsi terlebih dahulu pada Agustus lalu.

“Setelah dipastikan lolos ke tingkat nasional, sekolah memfasilitasi Kamila dengan pembimbingan selama dua bulan”, ujar  Udik Agus. Dengan raihan ini, Kamila memiliki peluang untuk mengikuti International Chemistry Olympiad atau Olimpiade Kimia Internasional 2021 di Jepang, ujarnya.

Semoga keberhasilan Kamila ini menjadi pemantik semangat para siswa untuk belajar lebih giat dan berprestasi”, tambah  Udik Agus DW.

Sebelumnya pada pertengahan Oktober lalu, seorang siswa SMAN 1 bernama Ahmad Erwin  Darbi Syah berhasil meraih juara 1 Olimpiade Bahasa Prancis Tingkat Nasional.

Dalam kegiatan  yang diselenggarakan oleh Institute Francise d’Indonesie dan Lembaga Budaya Kedutaan Prancis di Indonesia ini   Ahmad Erwin  Darbi Syah mendapatkan hadiah kursus bahasa Prancis selama 2 pekan di Prancis.

Hadepe / ua

 

-->