blank
Petugas PMI Kebumen menyemprotkan disinfektan di sebuah toko perabotan di Jalan Ahmad Yani guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Masyarakat Kebumen diimbau tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan. Meski sempa melandai, klaster baru penularan Covid-19 masih bermunculan. Bahkan pada Selasa (20/10) lalu ada penambahan kasus terkonfirmasi  positif Corona 44 orang.

Klaster baru penularan Covid-19 di Kebumen menyasar ke lembaga pendidikan baik sekolah dan madrasah, pertokoan modern dan kompleks perumahan. Terbaru ada penambahan terpapar corona di Perumahan Tamanwinangun, MIBS (SMP Unggulan Muhammadiyah) di Panjer, toko perabotan di Jalan Ahmad Yani dan MAN 2 Kebumen.

Menanggapi  hal itu Pengurus PMI Kebumen Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan sekaligus Ketua Penanggulangan Bencana Alam dan Perubahan lklim PCNU Kebumen Muhsinun mengimbau masyarakat lebih menyadarinya kondisi pandemi saat ini dan meningkatkan kesadaran diri, keluarga serta lingkungan.

Pihaknya mengajak masyarakat membudayakan protokol kesehatan baik di rumah, di kantor, maupun di mana saja kita berada. Dia mengaku risau dengan rantai penularan yang terus terjadi dengan kasus suspect Covid-19. Sebab  mencermati selama ini mayoritas kasus terkonfirmasi positif atau suspect selalu ada kontak erat dengan kasus suspect sebelumnya.

“Dari hal tersebut menunjukkah, perilaku masyarakat Kebumen terhadap penerapan protokol kesehatan di semua tempat masih sangat abai. Apalagi masih banyakya klaster baru. Bahkan cenderung ada yang tidak percaya Covid-19. Pemerintah perlu benar-benar serius dalam penanganan pandemi ini agar dampak yang lebih luas bisa dikendalikan.”

Sebelumnya Ketua Bidang Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Cokroaminoto dalam rilisnyas Selasa (20/10) menyatakan, pada hari itu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 44 orang.

Dari keempat puluh empat kasus terkonfirmasi tersebut merupakan kontak dengan kasus terkonfirmasi terdahulu.

Sedangkan kasus terkonfirmasi dinyatakan sembuh bertambah 2 orang,  atas nama MI (75) laki-laki dan MUJ (66) perempuan.

Menurut penjelasan Cokroaminoto, hingga saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat  1.144 orang. Dari sejumlah kasus terkonfirmasi,  dinyatakan sembuh 848 orang, dirawat 79 orang, menjalani isolasi  186 orang dan meninggal dunia 31 orang.

Komper Wardopo