blank
Potensi seni budaya juga dikembangkan masyarakat Dusun Sinawah menjadi Kampung Kreatif Klecong. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Dua tempat wisata baru berdiri di wilayah Dusun Sinawah, Desa Kronggen, Kecamatan Brati. Keduanya menjadi satu paket lokasi wisata dan dalam pengelolaannya melibatkan langsung masyarakat setempat.

Hal tersebut didukung perangkat kecamatan Brati terkait adanya Desa Wisata Kronggen ini. Menurut Camat Brati, Joko Supriyanto mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi masyarakat dalam memanfaatkan potensi, baik dari segi alam maupun kreativitas warga.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dukungan dari Pemerintahan Desa Kronggen. Selain memiliki potensi alam berupa sendang dan kawasan hutan di sekitarnya, di wilayah ini juga memiliki kegiatan masyarakat yang selalu aktif bergerak untuk maju dan berinovasi, sehingga pada awal tahun 2020 Dusun Sinawah dicanangkan sebagai kampung kreatif dan disusul kemudian dengan predikat sebagai Kampung KB Mandiri Pertama di Kabupaten Grobogan,” kata Joko.

Pihaknya optimis Desa Kronggen, khususnya Dusun Sinawah ini bisa lebih maju lagi. Terutama untuk warga di Dusun Sinawah tersebut.

blank
Sendang Gua Sinawah yang berdiri di lahan milik PT Perhutani dimanfaatkan masyarakat untuk dikembangkan menjadi obyek wisata. Foto : hana eswe.

“Semoga hal ini bisa mendapatkan perhatian dan bimbingan lebih lanjut dari pemerintah. Dukungan dari segenap pihak, khususnya para pegiat wisata dan UMKM untuk bersama-sama melangkah akan lebih mudah dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera secara utuh dan menyeluruh,” tambahnya.

Tak hanya warga setempat saja yang dilibatkan dalam pengembangan di dua obyek wisata tersebut. Menurut Joko, para perantau yang berada di luar negeri maupun dalam negeri juga siap untuk mendukung inovasi-inovasi yang akan diwujudkan di tempat tersebut.

“Bahkan, para perantau yang berada di luar daerah juga siap mendukung pengembangan desa sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki, sehingga harapan Desa Wisata Kronggen lebih berkembang lebih maju,” tutupnya.

Hana Eswe.