Kepala UDD PMI Kota Surakarta dr. Kunti Dewi Saraswati, Sp. PK, M.Kes (Dua dari kanan ) bersama CEO PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto (tiga dari kanan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan lembaga setempat menyediakan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19 dalam acara di kantor setempat, Selasa (20/10).  Foto: Bagus Adji 

SURAKARTA-(SUARABARU.ID)-Menyediakan Plasma Konvalesen bagi pasien Covid-19, itu yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta. Pemberian plasma konvalesen pada pasien covid – 19  akan mempercepat kesembuhan pihak bersangkutan.

“PMI Surakarta sudah sembilan kali menyediakan plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien covid-19. Karena itu Bantu Pasien covid -19 dengan donor konvalesen,“ kata Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surakarta dr. Kunti Dewi Saraswati, Sp. PK, M.Kes ketika mendampingi Chief Executive Officer (CEO) PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto dalam keterangan pers di kantor setempat, Selasa (20/10).

Dalam melaksanakan terapi plasma konvalesen, lanjut dr. Kunti Dewi Saraswati, Sp. PK, M.Kes, PMI Surakarta bekerja sama dengan RSUD Dr. Moewardi Surakarta, RS Universitas Sebelas Maret (UNS), RSUP dr Suraji Tirtonegoro Klaten dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (BALITBANGKES) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tujuh kali terapi plasma konvalesen dilakukan bekerja sama dengan RS UNS dan RSUD Dr. Moewardi Surakarta . Sisanya sebanyak dua kali dengan RSUP dr Suraji Tirtonegoro Klaten dan tahap diskusi dengan Balitbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Donor Konvalesen merupakan pengambilan darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh. Pihak bersangkutan memiliki antibodi dan dapat digunakan untuk terapi pasien Covid-19 yang sakit.

“Donor plasma konvalesen dilakukan jika ada permintaan dari rumah sakit dalam dan luar kota Solo. Sehingga di PMI tidak ada stoknya. Tetapi sistemnya, jika dibutuhkan donor plasma baru dilakukan dan langsung diberikan kepada pasien terkonfirmasi COVID-19”, jelasnya.

Dikatakan, kriteria donor plasma konvalesen di antaranya yang bersangkutan adalah penyintas ( pasien yang sudah sembuh) Covid-19 dibuktikan dengan RT PCR serta catatan medik. Juga bebas  dari keluhan atau gejala subyektif  selama 14 hari sebelum donasi dilakukan. Berjenis kelamin lelaki berusia 18- 60 tahun serta lolos uji skrining laboratorium.

Masih dalam kesempatan sama CEO PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto menambahkan, sebagai bentuk komitmen ketersediaan darah, apa pun golongan, rhesus, jenis dan jumlahnya maka lembaga setempat siap menyediakan.

“Saat ini kami telah siap dalam penyediaan plasma dengan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan rumah sakit tempat pasien dirawat. Untuk itu melalui media sosial dan sosialisasi kepada masyarakat PMI Solo mengajak kepada seluruh masyarakat penyintas/ mantan pasien yang telah sembuh turut membantu proses penyembuhan pasien COVID19 melalui donor plasma”, tambahnya.

Bagus Adji –trs

 

 

-->