blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri, menurunkan jenazah dari mobil mayat, untuk dimakamkan di TPU Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Semalam, Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Ini menjadi pemakaman yang ke 23 kalinya dalam tempo 37 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Jenazah yang dimakamkan Minggu malam (18/10), adalah pasien dari Rumah Sakit Dokter Oen Kandang Sapi, Surakarta. Yakni seorang pria berinisial S (63), warga Lingkungan Jatirejo, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, pemulasaran jenazah (pangrukti layon) dilakukan oleh Tim Medis RS Dokter Oen Kandang Sapi, Surakarta. Kemudian prosesi pemakamannya dilaksanakan oleh Tim Gugus Covid Kabupaten Wonogiri.

blank
Tim Covid Kabupaten Wonogiri, semalam melakukan pemakaman jenazah pasien rumah sakit secara Prokes pencegahan wabah virus corona.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) perecepatan penanganan Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri, menyatakan, pemakaman jenazah S berlangsung Minggu malam (18/10) mulai Pukul 20.30 sampai dengan Pukul 21.30. Bertempat di pemakaman umum Lingkungan Banaran, Kelurahan Wonoboyo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Gelapnya Malam
Untuk menerangi gelapnya malam ketika berlangsung penguburan, warga sekitar makam peduli menarikkan jaringan listrik untuk membuat penerangan, dalam upaya mendukung kelancaran penguburannya. Sehingga prosesi pemakamannya berjalan lancar, meski itu dilakukan pada malam hari.

Petugas yang menguburkannya terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit TNI dari Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri, bersama relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri. Ikut menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompincam dan tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Kecamatan Wonogiri, bersama aparat Pemerintah Kelurahan Wonoboyo dan perwakilan keluarga almarhum.

blank
Menandai berakhirnya tugas penguburan jenazah secara Prokes pencegahan wabah virus corona, Tim Covid Kabupaten Wonogiri melakukan doa bersama.

Penguburan jenazah pria S tersebut, menjadi pemakaman secara Prokes pencegahan Covid-19 yang keduakalinya secara berturut-turut dalam dua hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Seperti diberitakan, Sabtu (17/10), dimakamkan jenazah seorang pria berinisial T (60), pasien RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gemutren, Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya dilakukan oleh Tim Jogo Tonggo Desa Pule dan Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur