JAKARTA (SUARABARU.ID) Sebagai salah satu organ tubuh penting pada manusia, ginjal berfungsi untuk menyaring kelebihan air erta limbah dari darah. Di mana sisa-sisa dari kelebihan tersebut kemudian akan dikeluarkan menjadi bentuk urine. Selain itu, ginjal juga sangat penting untuk mengontrol tekanan kondisi tekanan darah.

Sayangnya, ginjal sangat rentan mengalami gangguan. Apabila ginjal rusak, maka akan menyebabkan limbah beracun menumpuk di dalam tubuh. Bahkan, jika tidak segera ditangani dengan benar bisa menyebabkan kematian. Itulah mengapa, penting untuk mengetahui apa saja tanda sakit ginjal tersebut.

Ada berbagai tanda sakit ginjal yang mungkin tidak disadari. Memang, beberapa tanda sakit ginjal tersebut masih terlihat cukup umum layaknya penyakit ringan biasa, seperti tiba-tiba kedinginan atau merasa lelah.

Namun, ada hal spesifik dari tanda sakit ginjal yang penting untuk dipahami. Berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Sabtu (17/10/2020).

Tanda Sakit Ginjal

1. Badan Cepat Lelah

Salah satu tanda sakit ginjal adalah cepat lelah. Sebab, pada ginjal yang sehat biasanya memproduksi hormon eritropoietin (EPO) dan memicu produksi sel darah merah yang berguna membawa oksigen. Tapi, apabila ginjal maka produksi EPO jadi lebih sedikit dari biasanya. Inilah yang membuat tubuh cepat lelah bahkan bisa sampai anemia. Maka dari itu tanda-tanda ini perlu diwaspadai.

2. Sulit Berpikir Jernih

Tanda sakit ginjal selanjutnya sulit berpikir jernih. Hal ini karena otak tidak mendapat cukup oksigen. Kemudian, otak akan mengalami masalah memori atau masalah pada konsentrasi.

3. Badan Terasa Gatal

Bukan disebabkan serangga atau lingkungan yang kotor. Biasanya tanda-tanda sakit ginjal bisa terasa dengan tubuh yang tiba-tiba menjadi sangat gatal. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab ginjal berfungsi membuang limbah dari aliran darah. Apabila ginjal mulai terganggu, maka menumpuknya limbah dalam darah bisa menyebabkan tubuh terasa gatal sangat parah.

4. Intensitas Kencing di Malam Hari Meningkat

Apabila mulai merasakan sering bangun pada malam hari untuk buang air kecil, maka bisa menjadi salah satu tanda sakit ginjal. Kemudian, seringnya buang air kecil tersebut diiringi dengan berubahnya warna urine dan sulit saat akan kencing.

5. Urine Berbusa

Semakin parah kondisi ginjal, maka akan menyebabkan urine menjadi berbusa. Hal ini disebabkan urine yang keluar masih mengandung protein di atas normal.

6. Warna Urine Berubah

Tanda sakit ginjal ini merupakan lanjutan dari tanda sebelumnya. Ketika urine berbuih, maka coba lihat apakah warnanya berubah. Jika berubah biasanya urine akan bewarna lebih pekat bahkan ada yang merah seperti darah.

7. Sulit Kencing

Kemudian, ketika ingin kencing biasanya akan terasa lebih sulit. Urine akan terasa tertekan namun sulit keluar. Hal ini semakin mengindikasikan jika ada gangguan serius pada ginjal.

8. Rasa Logam pada Lidah

Saat ada penumpukan limbah dalam darah atau bisa disebut uremia, maka akan berakibat pada perubahan di bagian indra pengecap. Rasa makanan biasanya akan berbeda. Hal ini jika dibiarkan maka bisa saja menyebabkan asupan nutrisi berkurang, karena nafsu makan menurun.

9. Mulut Bau

Dampak dari penumpukan limbah atau uremia tersebut, pada akhirnya menyebabkan bau berlebihan pada mulut. Bahkan bau mulut ini akan tetap timbul meski sudah menggosok gigi. Biasanya bau yang muncul seperti bau amis atau bahkan seperti bau kencing.

10. Kedinginan Tiba-Tiba

Ketika gangguan pada ginjal mulai menyebabkan anemia, maka hal ini bisa membuat seseorang merasa dingin tanpa sebab. Bahkan rasa dingin ini bisa saja muncul meski berada di ruangan hangat.

11. Sesak Napas

Sebenarnya, timbul sesak napas ini bisa disebabkan dua hal. Pertama, adanya cairan berlebih yang tidak bisa keluar dari dalam tubuh, dan mengakibatkan penumpukan di paru-paru. Kedua, kondisi anemia yang bisa membuat tubuh jadi kekurangan oksigen bahkan sampai kehabisan napas.

12. Lemas dan Ingin Pingsan

Disebabkan pasokan oksigen ke otak yang tidak cukup, maka hal ini akan menyebabkan tubuh terasa lemas dan berujung apda pingsan.

13. Wajah Bengkak

Kerusakan fungsi ginjal, bisa menyebabkan ginjal gagal mengeluarkan cairan yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan penumpukan cairan di tubuh serta menyebabkan pembengkakan pada wajah.

 14. Tangan dan Kaki Bengkak

Selain di wajah, pembengkakan karena cairan tidak bisa keluar bisa juga timbul di kaki atau tangan. Jika sudah begitu, biasanya akan membuat aktivitas terhambat. Ada baiknya untuk diperiksakan ke dokter.

15. Mual dan Muntah

Kemudian, tanda sakit ginjal yang terakhir adalah rasa mual dan ingin muntah, terutama saat akan mengonsumsi sebuah makanan. Hal ini juga berbahaya jika tidak segara ditangani, sebab badan akan semakin lemah bial tidak ada asupan nutrisi yang cukup.

-->