Tim Covid Kabupaten Wonogiri menurunkan jenazah dari mobil mayat, kemudian diusung bersama, untuk dimakamkan secara Prokes pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam sehari, Tim Covid Kabupaten Wonogiri memakan lagi dua jenazah pasien rumah sakit secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan wabah virus corona. Ini menjadi pemakaman yang ke 21 kalinya dalam tempo 35 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryadi, semalam, menyatakan, dua jenazah pasien RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri tersebut, dimakamkan Jumat (16/10), di dua Tempat Pemakaman Umum (TPU) wilayah kecamatan terpisah. Yakni di Kecamatan Wonogiri Kota, dan di Kecamatan Sidoharjo.

Pemakaman pertama, di Kecamatan Wonogiri kota, adalah jenazah pria berinisial W (78). Yang bersangkutan adalah warga Lingkungan Gerdu, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Tim Medis RSUD
Pemakaman kedua, di Kecamatan Sidoharjo, adalah jenazah seorang wanita berinisial S (56), penduduk Lingkungan Bakalan Wetan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo.

Tim Covid bersama Jogo Tonggo Kelurahan Sidoharjo dan petuigas Nakes Puskesmas Sidoharjo, Wonogiri, memakamkan jenazah pasien RS secara Prokes pencegahan Covid-19.

Bambang Haryanto yang menjabat sebagai Pimpinan Pusat Komando Pengendali (Puskodal) Covid-19 Kabupaten Wonogiri, menyatakan, kedua jenazah tersebut, pemulasarannya dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Selanjutnya untuk prosesi pemakaman jenazah W, dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri.

Sedangkan untuk penguburan jenazah Ny S, dilakukan oleh Tim Pemakaman Covid Kecamatan Sidoharjo bersama tenaga kesehatan (Nakes) Puskesmas Kecamatan Sidoharjo, dengan melibatkan personel Jogo Tonggo Kelurahan Sidoharjo.

Trend Meningkat
Ikut menyaksikan prosesi pemakaman, Camat Wonogiri dan Camat Sidoharjo, masing-masing bersama jajaran Forkompimcam, Pimpinan Puskesmas Wonogiri dan Sidoharjo, berserta aparat pemerintahan Kelurahan Giripurwo dan Kelurahan Sidoharjo, serta perwakilan keluarga almarhum dan alamrhumah.

Data terkini yang terkonfirmasi dan suspect Covid-19 di Kabupaten Wonogiri. Jumlahnya belakangan ini terus mengalami trend peningkatan.

Tim yang bertugas melakukan pemakaman terdiri atas personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, prajurit Kodim 0728 dan anggota Polres Wonogiri. Melibatkan pula relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, dan relawan dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Wonogiri.

Sementara itu, jumlah terkonfirmasi Corona Virus Disease (Covid)-19 Kabupaten Wonogiri belakangan ini mengalami trend peningkatan. Data terkini ada sebanyak 295 orang terkonfirmasi Covid-19, terdiri atas 13 dirawat di Rumah Sakit (RS), 5 menjalani karantina khusus, 259 sembuh, dan 18 meninggal. Yang suspect ada 103 orang, terdiri atas 7 dirawat di RS, 81 sembuh, dan 15 meninggal.

Bambang Pur

-->