blank
Dua pasangan yang terjaring dalam operasi tersebut langsung dibawa ke Mapolsek Grobogan untuk didata dan diberikan pembinaan. Foto : hana eswe/ist.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Untuk menciptakan kondisi lingkungan yang aman dan nyaman, Polsek Grobogan menggelar razia operasi cipta kondisi, Kamis (15/10/2020). Kegiatan ini juga dilaksanakan menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Grobogan.

Dua hotel yang berada di Kecamatan Grobogan ini tidak luput dari pemeriksaan yang dipimpin Kapolsek Grobogan, Iptu Parjin ini. Hotel pertama yang diperiksa berada di Desa Rejosari. Sebelum melakukan pemeriksaan, pihaknya meminta kepada resepsionis untuk mengecek daftar tamu yang menginap di hotel tersebut.

Beberapa saat kemudian, Kapolsek bersama anggotanya langsung melakukan pemeriksaan terhadap tamu-tamu tersebut. Didapati ada dua pasangan tamu yang bukan suami-istri di dalam kamar hotel tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan, kedua pasangan ini langsung digelandang ke Mapolsek Grobogan.

Razia hotel serupa juga dilaksanakan di sebuah hotel di Desa Sumberjatipohon. Di hotel tersebut, petugas mendapati tidak ada tamu yang menginap.

Menurut  Kapolsek, kegiatan razia ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan sasaran penyakit masyarakat. Di samping itu, target operasi cipta kondisi ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Grobogan, khususnya di wilayah hukum Polsek Grobogan.

“Razia ini, kata  merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan sasaran penyakit masyarakat guna mencegah aksi kriminalitas, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Kegiatan ini rutin kita laksanakan dengan razia yang sasarannya segala bentuk penyakit masyarakat yang dapat mengganggu kamtibmas,” kata Iptu Parjin.

Selain itu pihaknya juga melaksanakan operasi cipkon Pilkada 2020 yang bertujuan untuk menjaga stabilitas keamanan di Kabupaten Grobogan agar tetap kondusif, terutama jelang pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan 2020.

blank
Kapolsek Grobogan, Iptu Parjin saat mengecek daftar nama tamu yang menginap di sebuah hotel, sesaat sebelum dilakukan pemeriksaan. Foto : hana eswe/ist.

Pembinaan

Pasangan yang terjaring razia ini yaitu F (33), warga Semarang bersama pasangannya Y (39), warga Sukoharjo. Dua pasangan lain berinisial D (32) dan I (32) yang merupakan warga Wirosari dan Kabupaten Blora.

Kedua pasangan ini digelandang di Mapolsek Grobogan untuk didata dan diberikan pembinaan. Pembinaan langsung dilakukan oleh Ipda Suharto, Kanit Sabhara Polsek Grobogan. Dalam pembinaan tersebut, pihaknya mengimbau agar tidak melakukan perbuatan serupa.

“Kami berharap agar mereka tidak mengulanginya lagi,” imbau Ipda Suharto.

Hana Eswe