blank
Dr Fatchur Roehman ST MT (kanan) menerima naskah dari Dekan Fakultas Teknik, Ir Rachmat Mudiyono MT PhD

SEMARANG – Fatchur Roehman ST MT berhasil meraih gelar Doktor dari prodi Doktor Teknik Sipil (DTS) Fakultas Teknik Unissula (15/10). Ia berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul model bendung karet berisi air sebagai bendung gerak untuk penanggulangan banjir dan rob dalam ujian terbuka promosi doktor di depan tim penguji.

Tim penguji terdiri Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, Ir Moh Faiqun Ni’am MT PhD, Prof Ir Pratikso MST PhD, Prof Dr Ir Antonius MT, Prof Dr Ir Muhammad Mukhlisin MT, Dr Ir Soedarsono MSi, dan Ir Rachmat Mudiyono MT PhD.

Menurut Fatchur berbagai langkah Pemerintah dalam mengatasi banjir dan rob diantaranya menggunakan bendung tetap dan bendung gerak belum memberikan solusi yang maksimal. Permasalahan yang kerap muncul adalah penanganan rob dengan bendung tetap, ketika terjadi hujan/banjir air dari hulu tidak bisa mengalir ke lautan, sehingga mengakibatkan banjir.

Dalam penelitiannya bendung karet berisi air yang disimulasikan pada sirkuit kanal air tertutup di laboratorium Fakultas Teknik Unissula mampu menahan gaya geser yang berasal dari aliran hulu. Bendung karet berisi air sangat sesuai untuk penanganan mitigasi bencana.