blank
Petugas Kesehatan sedang melakukan tes usap pada warga di Kecamatan Pekalongan Utara. Tes usap gratis tersebut difasilitasi oleh Pemkot Kota Pekalongan. Foto: Antara

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, siap memfasilitasi penyelenggaraan tes usap (swab) pada warga secara gratis sebagai upaya menekan laju penyebaran covid-19 di daerah tersebut.

“Pemkot akan terus secara masif menyelenggarakan tes usap gratis kepada masyarakat dengan harapan dapat mencegah laju penyebaran covid-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto di Pekalongan, Rabu, (14/10/2020).

Slamet menambahkna, pihaknya tidak hanya menggalakkan tes usap pada aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dilakukan belum lama ini namun juga pada masyarakat Kecamatan Pekalongan Utara yang telah diselenggarakan hari ini.

BACA JUGA: Operasi Yustisi di Grobogan, 40 Pelanggar 16 di Antaranya Wajib Tes Swab

Budi berpesan pada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak, dan berperilaku hidup sehat.

Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati mengatakan mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan masyarakat untuk mengikuti tes usap adalah melampirkan dokumen data diri seperti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

“Mekanisme untuk mengikuti tes usap sudah disampaikan pada lurah agar memberikan informasi pada warganya melalui ketua rukun tetangga (RT) atau pun rukun warga (RW),” kata Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati Rabu, (14/10/2020).

Ia menjelaskan, warga yang berminat melakukan tes usap akan didata dari kelurahannya masing-masing dan selanjutnya akan diusulkan pada dinas kesehatan.

“Setelah data warga diinput oleh dinkes maka mereka tinggal menunggu apakah tes usap akan diselenggarakan di masing-masing kelurahan, secara kolektif di kecamatan, dan atau dilaksanakan di Rumah Sakit Hermina,” pungkasnya.

Ant/Naf