Pantai Nampu di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, tumbuh berkembang jadi destinasi wisata bahari laut selatan.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat Kabupaten Wonogiri, Jateng, dan Kabupaten Pacitan, Jatim, diminta mewaspadai ancaman gelombang tinggi laut selatan. Utamanya warga yang bermukim di kawasan pesisir pantai selatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Selasa (13/10), menginformasikan, berdasarkan prakiran cuaca dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG), tinggi gelombang laut selatan dapat mencapai 4 sampai 6 Meter (M).

Forcecaster on Day BMKG Stasiun Metereologi Ahmad Yani Semarang, Arif Nurhidayat, menginformasikan, keadaan umum cuaca Selasa (13/10) cerah berawan, suhu udara 25,6 derajat Celcius, dan kelembaban udara 92 persen.

Untuk Kabupaten Wonogiri, hujan ringan, angin bertiup dari arah timur laut dan selatan dengan kecepatan 10 sampai 35 KM per jam. Suhu udara 25 sampai 30 derajat Celcius, kelembaban udara mencapai 65 sampai 90 persen.

Pantai Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, dikenal sebagai objek wisata spiritual. Karena diyakini sebagai pintu gerbang Ratu Kidul saat akan berkunjung ke Keraton Surakarta.
Ancaman Tsunami
Informasi dari Kabupaten Pacitan, Jatim, menyebutkan, masyarakat diimbau untuk segera mengevakuasi diri ke tempat tinggi secara tertib dan berhati-hati, manakala terjadi gempa bumi berskala besar. Yang itu diprediksikan dapat memicu terjadinya tsunami.

Imbauan ini disampaikan kepada warga pesisir selatan, mengingat sistem peringatan dini dari alat Early Warning System (EWS), bisa ngadat oleh berbagai faktor. Seperti karena gangguan kelistrikan, maupun kerusakan peralatan karena efek goncangan.

Warga masyarakat Kabupaten Pacitan, Jatim, diimbau mewaspadai kemunculan ancaman gelombang tinggi laut selatan dan kemunculan tsunami.(Foto:Humas Pacitan)

Sebagaimana diberitakan, Bupati Pacitan Indartato, menyeru agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaannya untuk meminimalisir risiko bila terjadi tsunami. Pemkab Pacitan, secara masif telah menggalakkan sosialisasi program mitigasi.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan, Diannita Agustinawati, menyerukan masyarakat pesisir harus memprioritaskan menuju ke lokasi yang lebih aman yakni ke dataran tinggi. BPBD Kabupaten Pacitan, tengah fokus terhadap komunikasi dengan instansi terkait, seperti TNI, Polri, Satpol PP maupun relawan. Harapannya, semua informasi dapat tersampaikan dengan baik, saat sebelum dan ketika terjadi serta di pasca-bencana.

Pantai Teleng Ria Kabupaten Pacitan, Jatim, menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang banyak didatangi pelancong.

Kepala BPBD Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, memastikan program berbasis penanganan oleh petugas, akan dimaksimalkan. Petugas harus ikhlas dan cepat tanggap saat mendapat perintah dalam kondisi apapun.

Bambang Pur
-->