blank
Dalam rekaman cctv, terlihat pengendara ini langsung tancap gas meninggalkan istrinya usai diberi imbauan dari petugas. Foto : hana eswe/screencapture IG Polsek Kedungjati.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kejadian lucu dan menggelikan terjadi di Kecamatan Kedungjati, yakni seorang pengendara motor yang meninggalkan istrinya di pinggir jalan.

Tindakan tersebut dilakukan bukan usai bertengkar karena suatu hal. Namun, kejadian itu terjadi setelah pemeriksaan petugas dalam operasi razia masker di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kedungjati, Sabtu (10/10/2020) lalu.

Peristiwa ini terekam dalam cctv milik pemilik akun instagram @ach_Misbahudin yang kemudian diunggah akun instagram Polsek Kedungjati.

blank
Sang istri berusaha untuk mengejar suaminya yang meninggalkannya usai pemeriksaan petugas. Foto : hana eswe/screencapture IG Polsek Kedungjati.

Dalam rekaman cctv tersebut, terlihat petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) II Polsek Kedungjati, Aipda Yuda dan timnya selesai melakukan pemeriksaan terhadap seorang pengendara sepeda motor berwarna merah.

Setelah pemeriksaan, pengendara tersebut langsung tancap gas meninggalkan istrinya. Mengetahui pengendara tadi langsung pergi, para petugas langsung memanggilnya. Namun, panggilan tersebut tak terdengar oleh pengendara tersebut.

Sementara, sang istri memilih berjalan dengan tetap menggunakan helm. Petugas langsung menghampiri perempuan yang mengenakan baju batik dan jilbab berwarna merah tersebut. Pihaknya meminta ibu tersebut berhenti karena ada petugas yang akan mengantarnya pulang.

“Hari Sabtu kemarin, kami dari Polsek Kedungjati bersama-sama dengan personel TNI, Satpol PP, dan unit kesehatan dari UPTD Puskesmas Kedungjati melaksanakan razia masker di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kedungjati. Ada salah satu pengendara motor yang dihentikan karena tidak menggunakan masker dengan benar.”

blank
Petugas lain sempat mengambil gambar pengendara dan pemboncengnya saat diberikan imbauan karena kesalahannya dalam memakai masker. Foto : hana eswe/ist.

“Setelah diimbau, pengendara tersebut langsung pergi meninggalkan istrinya yang belum sempat naik ke atas motor. Kemudian, kami sempat memanggil pengendara tersebut, tetapi tidak terdengar, akhirnya ibu tersebut berjalan untuk menyusul suaminya. Kami langsung meminta ibu tersebut berhenti, selanjutnya kami antar dengan menggunakan mobil patroli menuju ke rumahnya,” jelas Aipda Yuda, Selasa (13/10/2020).

Dalam kesempatan itu, pihaknya mengatakan kegiatan operasi gabungan ini dilakukan setelah apel pagi. Di samping melakukan razia, petugas juga memberikan imbauan terkait protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan anjuran untuk tertib berlalu lintas.

“Dalam operasi ini, masyarakat yang melanggar langsung dihentikan dan diberikan sanksi berupa teguran. Untuk pengendara tadi diberikan imbauan, setelah itu kami persilakan untuk melanjutkan perjalanan. Tetapi tanpa disadari, istrinya justru ditinggal. Pesan kami, agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan dan displin berlalu lintas saat berkendara dan jangan lupa terhadap barang bawaan atau orang yang diboncengnya,” imbau Aipda Yuda.

Hana Eswe-Wahyu