BSB Kementerian Sosial mulai Didistribusikan bagi Warga Jawa Timur
Menteri Sosial Juliari P Batubara didampingi Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Rabu (7/10/2020).

SURABAYA (SUARABARU.ID) – Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara, Rabu (7/10/2020) siang, tiba di Kota Surabaya untuk menyaksikan pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) dan pendistribusian Bantuan Sosial Beras (BSB) di Kota Pahlawan tersebut.

Bertempat di Kantor Kecamatan Gayungan, Jl. Mesjid Agung Tim. No.2, Gayungan, Kota Surabaya, Mensos Juliari bersama rombongan kementerian dan pemda setempat menghadiri peluncuran BSB bagi warga Jatim.

BSB sendiri merupakan bansos terbaru dari Kemensos yang baru diluncurkan pada bulan September lalu. Target atau penerima adalah KPM PKH sebanyak 9 juta keluarga. Besarnya ditetapkan sebesar 15 kg/KPM/bulan selama 3 bulan.

“Dengan BSB ini diharapkan bisa membantu kebutuhan pokok KPM. Masyarakat mendapatkan beras premium dari Bulog,” katanya.

Di hadapan ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kota Surabaya, Mensos yang biasa disapa Ari ini juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo kepada masyarakat Kota Pahlawan.

“Saya meneruskan salam Bapak Presiden kepada masyarakat di Surabaya. Saya hadir ke berbagai kota di tanah air, termasuk ke Kota Surabaya, untuk memastikan bahwa negara hadir di tengah pandemi,” katanya didampingi Wali Kota Surabaya Tri Risma Harini.

Adapun alokasi beras yang disalurkan di Provinsi Jawa Timur sebanyak 77.826.825 kg untuk 1.729.485 KPM PKH. Realisasi penyaluran beras dari gudang Bulog saat ini mencapai 47% atau sebanyak 36.959.295 kg dan berdasarkan data transporter, bansos beras yang sudah didistribusikan ke KPM PKH sebanyak 29.902.290 Kg (80.91%).

Kemsos Luncurkan Banyak Bansos

Juliari mengatakan, selain BST, BSB, dan bansos lain dari Kemensos, pemerintah Indonesia juga meluncurkan berbagai jenis program bansos lainnya bagi warga masyarakat.

“Misalnya BLT Dana Desa, Kartu Pra Kerja, kemudian dari pemerintah provinsi, kabupaten dan kota juga menyiapkan bansos. Cukup banyak. Bapak Presiden berharap, dengan berbagai bantuan tersebut dapat membantu masyarakat, ” katanya.

Tak lupa Mensos berpesan kepada KPM untuk memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang sudah didapatkan. Mensos Ari juga menyampaikan terima kasih kepada mitra Kemensos yakni PT Pos yang menyalurkan BST dan Perum Bulog yang mendistribusikan beras.