blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kiri) menyampaikan penghargaan kepada seniman yang menenangi festival seni dan budaya, yang digelar dalam acara Komsos kreatif di aula Makodim Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Seni dan budaya Indonesia, dikenal sampai ke mancanegara. Mulai dari seni tari, seni musik tradisional, seni lukis dan banyak kesenian lainnya. Potensi seni budaya Indonesia, diharapkan mampu berkembang ikut mewarnai kebudayaan dunia.

Demikian ditegaskan Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, ketika membuka acara Komsos (komunikasi Sosial) kreatif di aula Makoodim 0728 Wonogiri. Pasiter Kapten (Inf) Moch Sambudi, melaporkan, Komsos kreatif yang sehat dan harmonis ini digelar melalui pentas seni atau budaya, olahraga dan sosiodrama kepahlawanan daerah dan nasional.

Tujuannya, untuk meningkatkan tali silaturahmi antara prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat. Dalam event Komsos kreatif tersebut, diselenggarakan dua kegiatan, yakni festival seni lukis dan festival musik tradisional. Peserta seni lukis sebanyak 10 orang, terdiri atas 7 peserta umum (guru dan seniman), 2 siswa SMA dan 1 siswa SMP. Untuk musik tradisional, diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Distrik.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, Kasdim 0728 Wonogiri Mayor (Inf) Nurul Muthahar, Kepala Kesbangpol Kabupaten Wonogiri, Sulardi, dari Dispora Kabupaten Wonogiri, para Pasi Kodim 0728 Wonogiri, dan tim juri.

Protokol Kesehatan
Dandim dalam kesempatan tersebut, mengingatkan, karena saat ini masih berjuang melawan penyebaran Covid-19, oleh karena itu diimbau agar tetap melaksanakan ketentuan protokol kesehatan (Prokes).

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri) dan Dandim 0728 Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kesatu dan ketiga dari kiri), foto bersama dengan para pemenang festival seni budaya.

Kata Dandim, kegiatan ini bukan hanya sekedar kompetisi untuk mencari kemenangan, tetapi merupakan sarana silaturahim perekat persaudaraan, persatuan dan kesatuan diantara kita. Acara ini, juga merupakan wadah untuk mengasah keterampilan dan saling bertukar pengalaman, sesuai dengan tema acara yaitu ”Membentuk SDM yang kreatif, inovatif dan adaptif.”

Dandim mengharapkan,  kemampuan dalam seni dan budaya yang kita miliki, sangat perlu ditampilkan untuk mengukur tingkat kreativitas. Kemampuan berinovasi,dalam seni dan budaya sangat dibutuhkan untuk menambah ragam seni dan budaya yang ada.

Sehingga seni dan budaya yang dihasilkan dari kreativitas yang inovatif, akan menciptakan ragam seni dan budaya yang adaptif dengan kondisi dan perkembangan seni budaya di era saat ini.

”Selamat berkarya dalam mengeksplor kemampuan diri, sehingga keterampilan yang saudara miliki dapat menambah kekayaan ragam seni dan budaya Indonesia, yang mampu berkembang menjadi warna kebudayaan dunia,” tandas Dandim.

Bambang Pur