blank
Robert Lewandowski/dok

NYON (SUARABARU.ID) – Bayern Munich dan striker Robert Lewandowski mendominasi penghargaan yang diberikan Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) di markas besarnya Nyon, Swiss, Kamis (1/10). Lewandowski (32) dinobatkan sebagai Pemain dan Penyerang Terbaik UEFA 2020. Lewy, pangilan akran Lewandowski, mengaku senang dan bangga dengan penghargaan ini.

Lewy meraih penghargaan selepas menegemas 477 poin. Dia mengungguli Kevin de Bruyne (Manchester City/90 poin), dan rekan seklubnya, Manuel Neuer (66 poin). Gelar ini menjadi penegasan atas penampilannya yang mengesankan selama musim 2019-2020.

Striker garang itu membawa Bayern memenangi Liga Champions, Bundesliga, dan Piala DFB. Die Roten juga memenangi Piala Super Eropa dan Piala Super Jerman. Lewy merupakan top scorer Liga Champions dengan 15 gol.

Dia total membukukan 55 gol di seluruh ajang. Robert juga membuat enam assist di Liga Champions. Untuk predikat Penyerang Terbaik, Lewy mengalahkan dua tukang gedor Paris Saint-Germain, Neymar Junior dan Kylian Mbappe.

Di samping Lewy, Setan Merah mendapatkan penghargaan untuk kategori Kiper Terbaik (Manuel Neuer), Bek Terbaik (Joshua Kimmich), dan Pelatih Terbaik (Hansi Flick). Predikat Gelandang Terbaik menjadi milik Kevin de Bruyne.

Untuk penghargaan di sektor putri, Pemain dan Penyerang Terbaik (Pernille Harder), Gelandang Terbaik (Dzsenifer Marozsan), Bek Terbaik (Wendie Renard), dan Kiper Terbaik (Sarah Bouhaddi). Musim lalu, Harder membela Wolfsburg dan sekarang dibeli Chelsea.

rr