blank
Hendra Sumaryana (Kepala DPUPKP Kabupaten Temanggung). Foto: antara

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)– Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Temanggung, segera melaksanakan kegiatan peningkatan jalan. Kegiatan itu berupa pelebaran Jalan Kedu-Jumo, untuk mendukung akses pariwisata terutama menuju Pasar Papringan di Desa Ngadimulyo, Kedu, Kabupaten Temanggung.

Kepala DPUPKP Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana di Temanggung, Rabu (30/9/2020) mengatakan, akses jalan menuju Pasar Papringan dinilai kurang mendukung potensi yang ada. Hal ini karena jalan menuju objek wisata itu sempit, dan badan jalan maupun saluran drainase pada posisi medan yang kurang menguntungkan.

”Pelebaran jalan dari 4 meter menjadi 5,5 meter ditambah bahu jalan dan saluran drainase, diharapkan dapat menunjang pengembangan Pasar Papringan,” kata Hendra.

BACA JUGA : Tim Quick Wins Ajak Santri Nida’ Al-Qur’an Jauhi Paham Radikalisme

Dia juga menyebutkan, pelebaran jalan dengan nilai kontrak senilai Rp 4,25 miliar dari bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu, dilakukan oleh PT Selo Kencono dengan konsultan pengawas CV Baruna Jaya Temanggung.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPKP Kabupaten Temanggung sebagai pejabat pelaksana kegiatan Yusuf Edi Nugroho menambahkan, pada pelebaran jalan itu di segmen tertentu sepanjang 200 meter, dilakukan pekerjaan betonisasi dengan teknologi perkerasan kaku beton fast track.

”Beton ini memiliki spesifikasi khusus untuk segmen perkerasan jalan beton. Dengan teknologi itu, maka pembangunan jalan kurang dari tujuh hari sudah bisa dibuka untuk dilalui kendaraan,” ujarnya.

Menurut dia, pembangunan jalan tidak menutup total ruas jalan. Arus lalu lintas berjalan seperti biasa, namun akan sedikit terganggu dengan adanya proses pekerjaan dan beberapa tumpukan material bangunan.

Pengerjaan jalan sepanjang dua kilometer dalam 90 hari kerja ini, dibagi dalam pekerjaan dengan penanganan besar sepanjang satu kilometer, dan selebihnya pekerjaan talud, pelebaran, perkerasan lentur dari lebar 4 meter menjadi 5,5 meter, dan perkerasan kaku beton fast track pada segmen tertentu.

Ant-Riyan