blank
Tim Gugus Tugas Covid Kabupaten Wonogiri, Senin (28/9), memakamkan lagi jenazah pasien secara protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri, Senin (28/9), memakamkan lagi jenazah secara protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Corona Virus Disease (Covid)-19. Ini menjadi pemakaman kedelapan kalinya, dalam kurun waktu setengah bulan terakhir ini di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, jenazah yang dimakamkan Senin (28/9) memiliki inisial KS (70). Yang bersangkutan, merupakan jenazah pasien dari RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Prosesi pemakamannya dilaksanakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pengkol, Kecamatan Jatitoro (sekitar 50 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Ini terkait dengan asal-usul dan status kependudukan jenazah, yang merupakan warga Dusun Tugu, Desa Desa Pengkol, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

blank
Pemakaman jenazah pasien rumah sakit, ini dilaksanakan oleh Tim Gugus Covid Kabupaten Wonogiri, di TPU Desa Pengkol, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Prokes Corona
Pemulasaran jenazah KS, dilakukan oleh Tim Medis RSUD Dokter Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Sedangkan prosesi pemakamannya, dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri. Pemakamannya dilakukan secara Prokes pencegahan wabah virus corona, dimulai Pukul 08.26 sampai dengan Pukul 09.30.

Tim Gugus Tugas yang melaksanakan pemakaman terdiri atas para personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, bersama prajurit TNI-AD Kodim 0728 Wonogiri dan anggota Polres Wonogiri. Melibatkan pula relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri.

blank
Pemakaman jenazah di TPU Desa Pengkol, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, ini dilaksanakan secara protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hadir menyaksikan pemakaman, jajaran Forkompimcam Jatiroto dan tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Kecamatan Jatiroto, bersama para aparat Pemerintah Desa (Pemdes) setempat, dan keluarga almarhum.

Sebanyak 252 Kasus
Sebagaimana diberitakan, selama Bulan Agustus 2020 lalu, di Kabupaten Wonogiri telah dimakamkan sebanyak 7 jenazah pasien rumah sakit secara Prokes pencegahan wabah virus corona.

blank
Menutup prosesi penguburan jenazah secara protokol kesehatan pencegahan Covid-19, Tim Gugus Tugas Kabupaten Wonogiri menyempatkan berdoa bagi almarhum.

Sementara itu, data terkini terkonfirmasi Covid-19 Kabupaten Wonogiri bertambah menjadi sebanyak 252 kasus. Terdiri atas 25 orang dirawat di rumah sakit, 17 orang menjalani karantina mandiri, 201 sembuh dan 9 meninggal.

Untuk data jumlah yang suspek Covid-19 di Kabupaten Wonogiri, tercatat ada sebanyak 95 orang. Perinciannya, 1 orang dirawat di rumah sakit, 80 orang sembuh, dan 14 orang meninggal.

Bambang Pur