blank
Peluncuran truk pengangkut beras bantuan sosial oleh Bupati Pati Haryanto, disaksikan Kepala Bulog Pati, yang diberangkatkan menuju Kecamatan Dukuhseti, Senin (28/9/2020). Foto: antara

PATI (SUARABARU.ID)– Program bantuan beras dari Kementerian Sosial untuk keluarga terdampak pandemi covid-19 di Kabupaten Pati, mulai didistribusikan Perum Bulog. Ini dilakukan, guna meringankan beban ekonomi 54.627 keluarga di wilayah setempat.

Kegiatan peluncuran program bantuan sosial beras itu ditandai pelepasan truk bermuatan bantuan beras oleh Bupati Pati Haryanto, disaksikan Kepala Bulog Pati.

Truk diberangkatkan menuju Kecamatan Dukuhseti, sebagai salah satu wilayah pendistribusian bantuan dari gudang beras Perum Bulog di Desa Sukokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Senin (28/9/2020).

BACA JUGA : Kantor Pegadaian Negeri di Giriwono Kabupaten Wonogiri Terbakar

”Kami mencatat ada 61 desa di wilayah kita yang terkena dampak wabah covid-19, sehingga adanya program bantuan sosial beras ini, tentu sangat tepat,” kata Bupati Pati Haryanto, usai peluncuran bantuan sosial beras ini.

Dia juga mengungkapkan, sasaran dari program ini secara Nasional sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH). Untuk wilayah Pati sendiri sebanyak 54 ribu keluarga.

Hal itu, kata dia, merupakan salah satu Jaring Pengaman Sosial (JPS), yang dikeluarkan pemerintah, sebagai upaya untuk menekan beban pengeluaran KPM PKH di masa pandemi covid-19.

Bantuan yang diberikan itu, diharapkan benar-benar bisa dimanfaatkan dengan baik, dan tidak disalahgunakan agar para penerima manfaat tidak sampai kekurangan pangan di masa pandemi.

Beras Medium
Menurut dia, kesuksesan pelaksanaan program ini tergantung dari dua aspek, yakni kualitas beras dan ketepatan penerima. Sehingga menjadi tanggung jawab bersama, baik jajaran Kementerian Sosial maupun jajaran Perum Bulog.

”Dibutuhkan adanya koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian antara Kemensos, Bulog, transporter, dan Dinas Sosial Kabupaten untuk memastikan bantuan tepat sasaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Perum Bulog Cabang Pati, Agung Sarianto mengungkapkan, bantuan beras dari pemerintah ini untuk setiap KPM PKH mendapatkan alokasi 15 kilogram beras medium.

Ada pun jumlah KPM PKH di Kabupaten Pati, kata dia, sebanyak 54.627 keluarga. Sedangkan bantuan yang disalurkan untuk Agustus, September dan Oktober 2020 sehingga per bulan, alokasi beras yang disalurkan sebanyak 819.405 kilogram.

”Ketika total untuk tiga bulan, maka alokasi berasnya mencapai 2.458.215 kg,” ujarnya.

Ant-Riyan