blank

BREBES (SUARABARU.ID) – Untuk mempermudah proses perizinan, Pemerintah Kabupaten Brebes meluncurkan sistem pembayaran retribusi perizinan non-tunai. Melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Brebes, segala retribusi perizinan dibayar secara non tunai. Sehingga pembayaran tidak harus dilakukan di DPMPTSP, tetapi cukup via online seperti E-banking, ATM, maupun transfer.

”Dengan sistem non-tunai, maka transparansi dan akuntabilitasnya terukur serta meningkatkan kualitas pelayanan,” ujar Bupati Brebes Idza Priyanti saat meluncurkan pembayaran retribusi perizinan non-tunai di halaman kantor DPMPTSP, Jumat (25/09).

“Trobosan baru berupa pembayaran retribusi non-tunai harus kita dukung penuh. Karena akan mempermudah emua pelaku usaha dalam proses perizinan,” puji Idza.

Kata Idza, terobosan pembayaran restribusi non-tunai baru ada di wilayah Karesidenan Pekalongan yaitu di Kabupaten Brebes. Lebih lanjut Idza mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Brebes pada 2021 akan membangun Mall Pelayanan Publik. Di MPP ini, semua perizinan di Kabupaten Brebes dapat terakses dengan mudah pada satu tempat dengan cepat.

Bupati berharap dengan adanya peluncuran transaksi non-tunai akan mempercepat pelayanan yang efektif dan efesien. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 masyarakat perlu menjaga jarak, tidak perlu bersentuhan langsung membawa uang tunai. Cukup melakukan registrasi pendaftaran dan pembayaran bisa dilakukan di bank-bank kemitraan.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Brebes Ratim menjelaskan, dalam rangka memberikan kemudahan berusaha sebagaimana amanat Inpres No 7 tahun 2019 tentang percepatan berusaha dan Perpres No 91 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha, maka DPMPTSP Kabupaten Brebes akan memulai perubahan sistem pembayaran retribusi dari manual konvensional ke pembayaran retribusi secara non-tunai.

Menurutnya, program transaksi non tunai sangat mempermudah pembayaran retribusi seperti pembayaran IMB, Reklame, izin Trayek dan perizinan lain.
“Pemohon perizinan tidak perlu repot repot membawa uang tunai, cukup membayar melalui ATM, E-Banking atau via transfer rekening,” pungkas Ratim.

Hadir dalam kesempatan launching Kapolres Brebes, Kasdim 0713 Brebes, Ketua Pengadilan Brebes, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Brebes Zaki Safrudin, perwakilan KADIN, para pelaku usaha dan UMKM.

Nur Muktiadi